Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa Mutih Asli Jawa, Lengkap

Puasa Mutih, bisa dikatakan sebagai tirakatnya orang yang sedang mendalami sebuah ilmu kebatinan, setidaknya puasa mutih bisa membantu dalam membersihkan hati dan pikiran orang yang menjalaninya. Walaupun begitu, bagi mereka yang telah terbiasa menjalani puasa mutih pastilah merasa bahwa tirakat yang satu ini termasuk berat untuk dijalani.

Puasa Mutih, bisa dikatakan sebagai tirakatnya orang yang sedang mendalami sebuah ilmu kebatinan, setidaknya puasa mutih bisa membantu dalam membersihkan hati dan pikiran orang yang menjalaninya. Walaupun begitu, bagi mereka yang telah terbiasa menjalani puasa mutih pastilah merasa bahwa tirakat yang satu ini termasuk berat untuk dijalani

Dalam menjalani puasa mutih, ada hal-hal yang harus diketahui secara menyeluruh dari orang yang menjalaninya, puasa mutih ini lebih baik jangan dilakukan apa bila Anda tidak tau secara pasti semua makna yang mengambarkan puasa mutih.

Jangan pernah berfikiran bahwa puasa mutih itu gampang yang hanya menahan haus dan lapar saja.

Lebih jauh dari itu, Anda yang akan menjalani puasa mutih sebaiknya tau betul dengan apa yabg akan Anda jalani. Maka dari itulah, sangat dibutuhkan seorang guru sebagai pembimbing untuk menjalaninya, apa bila kalian tetap ingin mempelajari puasa mutih secara otodidak, setidaknya pahamilah terlebih dahulu apa itu puasa mutih dan dengan tujuan apa Anda akan menjalaninya.

Dalam pembelajaran puasa mutih, hampir sama saja dengan puasa yang lainnya sebut saja puasa romadhon, yang menjadi perbedaanya adalah dari niat dan tatacara, niat dan makna yang tersirat di dalamnya, jadi pahami dengan pikiran Anda sebelum menjalaninya!

Niat Puasa Mutih

Sebelum Anda menjalaninya, yang harus kalian ketahui lebih dulu adalah niatnya, namun semuanya akan bergantung dengan tujuan Anda menjalani puasa mutih. Contohnya:

  • Puasa mutih untuk olah kebatinan atau ilmu tertentu.
  • Puasa mutih untuk pengasihan pelet atau lainnya, sama dengan olah batin diatas.
  • Puasa mutih untuk melatih kesabaran dan membersihkan hati.

Beberapa contoh diatas, akan ada niatnya masing-masing, bukan hanya niat puasa mutih yang dibaca berdasarkan pembersihan diri saja. Contoh puasa mutih untuk membersihkan diri sebagai berikut:

Niat ingsung poso mutih kange ngaresiki awak kang reget putih koyo bocah mentas lair dipun ijabahi gusti allah.

Contoh puasa mutih diatas hanya untuk umum, tujuan untuk membersihkan hati saat akan mempelajari sebuah ilmu. Bukan untuk tujuan menguasai sebuah ilmu olah kebatinan seperti pengasihan, pelet jaran goyang dan sebagainya. Dan contoh niat puasa mutih yang bertujuan khusus seperti berikut ini:

Niat ingsun poso mutih, mutihaken badan kang reget kange tujuan (sebut apa yang akan kalian jalani contohnya, Menguasai Ajian Jaran Goyang atau Pengasihan lainnya gusti allah kang ngijabahi ngeweruhi badanku. Bissmilahirohmanirohim.

Jadi, untuk Anda yang akan melakukan puasa mutih harus tau betul niat yang akan kalian baca, apa bila salah dalam biat bisa jadi apa yang akan Anda jalani hanya sia-sia saja.

Disini jugalah butuhnya seorang guru apa bila akan menjalani lelaku khusus yang mengunakan syarat puasa mutih. Dengan adanya seorang guru sebagai pembimbing insya allah apa yang Anda jalani dengan puasa mutih akan berjalan sesuai dengan harapan kalian.

Cara Puasa Mutih

Setelah Anda mengetahui niat untuk menjalani puasa mutih, sebaiknya ketahui juga cara menjalaninya. Biasanya, orang hanya akan berpendapat bahwa puasa mutih hanya memakan dan meminum yang berwarna putih saja, tapi sebaiknya ketahui dengan benar supaya tidak salah dalam menjalaninya.

Untuk melakukan puasa mutih, Anda hanya boleh memakan Nasi dan Air putih saja. Itupun tergantung dengan apa yang Anda pelajari, bila menyambut sebuah ilmu dari guru maka tata caranya mungkin sedikit berbeda dengan puasa mutih pada umumnya. Contohnya puasa mutih ngepel, hanya boleh memakan nasi 1 kepalan tangan saja dan 1 tegukan air putih.

Ada juga puasa mutih yang nonstop 24 jam, dan juga ada yang tidak boleh tidur pada malam harinya. Kunci dari puasa mutih ini adalah Nasi dan Air putih, tapi kalian tidak boleh salah kaprah karena banyak sekali makanan yang berwarna putih.

Sebagian orang ada yang membolehkan sahur dan berbuka puasa mutih dengan ubi kayu, mungkin bisa juga tapi ingat ada 1 tirakat yang hampir miri dengan puasa mutih yaitu Puasa Nganyep. Jangan salah dalam menjalaninya!

Puasa Mutih Boleh Merokok?

Hampir sama dengan puasa bulan romadhon yang umum, saat berpuasa kalian tetap saja tidak boleh merokok, tapi kalau sudah berbuka jelas kalian bebas mau merokok atau makan apa saja, yang penting sesuai dengan ketentuan dalam menjalani puasa mutih yang kalian jalani.

Tapi harus Anda ingat, jangan merokok dibarengi dengan berbuka puasa mutih. Karena bisa saja membatalkan puasa mutih yang kalian jalani dari subuh hingga berbuka, pastikan puasa mutih yang Anda jalani sudah di tutup dengan bacaan niat berbuka puasa mutih.

Kalau ditanya boleh merokok atau tidaknya dalam menjalani puasa mutih ini, jelas tidak boleh kalau saat kalian sedang berpuasa dan dibebaskan bila puasa mutihnya sudah kalian tutup.

Posting Komentar untuk "Puasa Mutih Asli Jawa, Lengkap"