Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengisi Kekuatan Indang Pada Gamelan

Dalam acara jaranan pasti Anda taulah ya dengan alat-alatnya, ada Gendang, Gamelang (Kenongan), Gong dan lainnya. Namun umumnya hanya 3 saja yang menjadi inti dalam acara jaranan.

Ke 3 alat itulah yang biasanya mengandung magis yang kuat, biasanya akan di isi Endang dengan berbagai mantra sakral dan ritual. Sehingga melalui suara bisa membuat banyak penonton menjadi kesurupan.

mengisi endang pada gamelan

Pada alat yang biasanya di nomer 1 kan untuk di isi dengan magis adalah Kendang (gendang) namun, kurang selaras bila Gamelan (kenongan) tidak ikut di isi, begitupun dengan Gong yang tentunya pasti akan di isi Endang pula.

Biasanya untuk Gamelanlah yang paling unik untuk di isi, kebanyakan saat acara jaranan berlangsung sering di awali dengan Gamelan walaupun kadang kala juga di dului dengan Kendang.

Akan tetap saja, semuanya haruslah selaras untuk di isi dengan Endang. Bila pengisian pada Kendang, sudah saya tuliskan lebih dulu untuk membaca artikelnya bisa masuk ke sini:

Cara Mengisi Endang Pada Kendang

Selanjut kita akan mengetahui cara untuk mengisi Gamelan (kenongan) supaya bisa bernuansa mistis yang kuat.

Persiapan Mengisi Kekuatan Magis Pada Gamelan

Sebelum gamelan di isi dengan kekuatan magis, biasanya harus dibersihkan terlebih dahulu. Baik mengunakan air kembang setaman ataupun dengan ritual-ritual lainnya.

Tujuan membersihkan ini adalah, dalam setiap material Besi atau Kuningan yang dibuat sebagai bahan gamelan pasti terdapat energi negative yang terbawa melalui benda logam tersebut. Tujuan membersihkan inilah untuk menghilangkannya energi-energi negative alami yang dibawa bahan logam tersebut.

Sesudah dibersihkan, barulah biasanya Gamelan akan di isi dengan kekuatan magis yang kuat. Sehingga memiliki pancaran aura yang kuat saat dimainkan.

Selain memiliki pancaran aura, dipercayai bahwa Gamelan yang sudah di isi ini akan menimbulkan suara yang enak didengar. Baik dari pemainan jaranan itu sendiri hingga para penonton yang ada.

Disinilah tujuan utama alat-alat jaranan seperti Gamelan harus di isi mengunakan kekuatan magis yang kuat.

PROSES PENGISIAN INDANG KE GAMELAN

Sesudah logam ini dibersihkan dengan cara khusus, barulah nanti akan dimasukan energi positif dan berbagai kekuatan magis yang akan mendiami Gamelan tersebut. Setidaknya, ada 2 macam isian pada gamelan ini:

  1. Isian Permanent
    Kebanyakan alat jaranan akan di isi kekuatan magis secara permanent dari yang pertama sekali mendirikan grup jaranan itu sendiri. Sehingga sampai kepada anak cucunya kelak Gamelan telah ada isinya dan bisa digunakan, selama pantangannya belum di langgar.
  2. Isian Sementara
    Jenis isian ini ada namun jarang digunakan, karena biasanya hanya akan di isi apa bila saat akan mengadakan acara jaranan di tanggap saja.

Dari ke 2 jenis inilah kebanyakan yang digunakan adalah yang nomer 1 yaitu di isi secara permanent.

Tapi sebagai penonton Anda harus juga mengetahui, akan ada saja sebuah grup jaranan yang bahkan tidak mengisi sama sekali alat-alat jaranan yang mereka gunakan. Namun masih tetap mengunakan Pembukaan Sakral sebelum melakukan pertunjukan.

Selain itu, biasanya bila gamelan, kendang dan gong semua di isi maka akan sangat banyak para pemain jaranan bahkan penonton yang mudah kesurupan. Ini dikarenakan saking enaknya mendengarkan alunan tersebut, membuat mereka terbuai dan mudah untuk di rasuki oleh Indang-indang yang berada di sekitaran acara jaranan sedang berlangsung.

Nah mungkin dengan sedikit penjelasan ini bisa menambah pengetahuan kita semua akan alat-alat jaranan terutama Gamelan yang digunakan. Semogga bermanfaat.