Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengisi Indang Jaranan Pada Kendang (Gendang)

Dalam acara jaranan (ebeg) atau kuda lumping terdapat banyak sekali alat yang digunakan dan salah satunya adalah Kendang (Gendang). Kendang jaranan termasuk kunci utama tarian bagi seluruh orang yang kesurupan.

Kendang ini memiliki endang (indang) yang sengaja dimasukan oleh pawang jaranan sebagai penunggu ataupun merawat kendang tersebut sehingga memancarkan aura magis yang kuat saat digunakan. Kendang yang digunakan adalam jaranan sangatlah berbeda dengan yang biasanya digunakan pada acara lain, sekalipun terlihat sama namun tetaplah berbeda baik secara isian dan pukulannya.

Mengisi Indang Jaranan Pada Kendang (Gendang)

Dalam grup Jaranan (kuda lumping), mengisi kendang dengan Indang setiap grup tidaklah sama. Karena ada pendahulu yang mengajarkan secara turun-temurun dan dari daerah yang berbeda-beda, membuat pengisian Indang (Endang) ke dalam Kendang menjadi berbeda-beda.

Setidaknya, ada 2 cara yang biasanya digunakan saat mengisi Indang ke dalam Kendang yaitu:

  1. Mengisi Indang secara permanen.
  2. Dan Mengisi Indang saat akan mengadakan pertunjukan saja.

Dari ke 2 cara diatas, daya magis dan kekuatan pun pasti akan berbeda pula. Selain caranya yang berbeda, sudah pasti dalam pengisiannyapun berbeda pula!!!

Untuk lebih gamblangnya pembahasan ini, sedikit akan saya jabari perbedaan dan maksud pengisian Indang seperti yang telah saya sebutkan tadi.

MENGISI INDANG SECARA PERMANENT
Untuk mengisi Kendang dengan cara seperti ini, biasanya alat jaranan tidak boleh di pinjamkan ke orang atau grup lain.

Selain itu, biasanya juga yang memukul Kendang hanya beberapa orang saja secara bergantian. Disini yang memukunyapun pasti sudah mengetahui, atau memiliki kunci supaya pukulan kendang bisa sinkron pada dirinya.

Walaupun kendang yang di isi secara permanen ini boleh di mainkan oleh orang lain yang tidak memiliki kuncinya atau sama sekali tidak tau bahwa kendang telah di isi maka tidak akan memberikan aura magis dan efek yang kuat. Cenderung kendang menjadi seperti biasa saja, ada juga sebagian yang bila di mainkan oleh orang yang tidak memiliki kuncinya maka akan menimbulkan efek yang kurang baik pada diri orang tersebut.

MENGISI INDANG PADA KENDANG SAAT AKAN MENGADAKAN PERTUNJUKAN SAJA
Untuk yang seperti ini, boleh dipinjamkan ke siapa saja selagi tidak main jaranan. Dan juga bila selesai acara pertunjukan maka Indang akan keluar dari Kendang dengan sendirinya.

Jenis pengisian Indang pada Kendang seperti ini biasanya di rangkap sekaligus dimana sewaktu pembukaan pemanggilan Indang-indang langsung dimasukkan ke seluruh alat yang digunakan.

Bila sedang menjalani pertunjukan maka semua alat jaranan telah memiliki isi dan bila selesai acara maka Indang akan pergi dengan sendirinya.

Jenis pengisian yang seperti inilah biasanya yang sering digunakan. Akan tetapi, mengunakan pengisian Indang pada Kendang di saat akan mengadakan tonton saja membuat daya magisnya akan kurang terasa.

Selain itu kurang meraiknya karena di luar anggota boleh saja mengunakan Kendang. Dan juga terlihat kurang profesional dalam sebuah pertunjukan jaranan.

Bagi Anda yang kurang paham tentang seluk beluk Jaranan (kuda lumping) pasti kurang memahami akan Kendang ini pun di isi dengan Indang. Selain itu juga pasti kurang masuk akalnya sebuah Kendang di isi dengan Indang.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, mengapa Kendang di Isi dengan kekuatan dari Indang. Anda boleh membaca terus hingga habis artikel ini.

Fungsi dan Manfaat Kendang Di Isi Indang Jaranan

Secara kasat mata, Kendang yang telah di isi dengan Indang bukan saja memiliki aura magis yang kuat. Akan tetapi juga bisa menghantarkan penonton kesurupan lebih cepat lagi.

Orang yang telah terbiasa kesurupan Ebeg atau Jaranan saat mendengarkan Kendang yang berisi Indang ia akan lebih tidak sabaran lagi untuk kesurupan.

Selain itu, dalam setiap pukulan Kendangnya juga akan semakin asik dan enak di dengar dari kejauhan sehingga orang yang tadinya tidak ingin menonton jadi berangkat melihat acara Jaranan. Lebih kurangnya juga memiliki daya tarik untuk penonton.

Bukan hanya orang, tapi para Indang dan makhluk halus juga akan lebih cepat datangnya membantu acara supaya lebih seru lagi. Selain daya tarik dan fungsi yang telah saya uraikan diatas tadi juga masih terdapat khasiat dan fungsi lainnya lagi yaitu:

Kendang akan lebih awet dan tahan lama digunakan, karena Kendang yang telah di isi Indang akan lebih terawat dari pada yang tidak karena lebih sering di rawat baik dibersihkan juga di minyaki pada malam-malam tertentu.

Jadi dalam acara Jaranan yang biasanya Anda tonton itu dalam lingkungan aslinya terdapat kerumitan untuk merawat dan mengelola sebuah grup Jaranan atau Kuda Lumping.

Bila Anda hanya melihat hanya sebagai penonton saja, maka tidak akan tau bisa sejauh ini dan rumitnya di dalam grup Jaranan.

Sampai disini, semogga artikel tentang mengisi Indang pada Kendang bisa bermanfaat.