Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gondo Mayit Jaranan Yang Perlu Diketahui

Gondo mayit dalam jaranan ada banyak orang yang sering mendengarnya, namun kebanyakan dari mereka justru belum tau dengan jelas maksud dari ucapan tersebut karena mungkin beda tempat akan beda juga penamaanya.

Gondo Mayit Jaranan Yang Perlu Diketahui

Seperti yang kami ketahui, dalam sebutan gondo mayit jaranan adalah pemanggilan yang ditujukan untuk indang atau para pemain yang bakal menjadi wadah.

Sebutan tersebut harus menyesuaikan target ucapan yang dilontarkan, sedangkan untuk media memanggil bisa berupa asap kemenyan atau malah hio dupa yang dibakar. Bila prosesnya pada awal pembukaan acara, ucapan ini akan diartikan sebagai pemanggil indang, apabila sudah berlangsung tapi orang yang biasa kesurupan belum pada datang maka ucapan akan mengarah ke sini.

Sedangkan untuk arti sesungguhnya, gondo adalah bau dan mayit ya tetap sama yaitu mayat untuk pelepasan dengan gondo mayit jaranan bisa diartikan sebagai bau mayat jaranan.

Akan tetapi, ucapan tidak akan seseram dengan kenyatanya karena diluar grup jaranan ada banyak sekali orang yang sengaja menyimpangkan artian tersebut, sehingga menyebar luar dan di yakinan obrolan sebagai itulah.

Harap di pahami! Gondo Mayit Jaranan, memang ada beberapa grup kesenian ini menamakan tersebut. Jadi, tidak semua ucapan itu digunakan oleh semua grup jaranan yang biasanya kita tonton sebagai hiburan untuk mengisi waktu luang, kesenian dan juga melestarikan di Nusantara ini sebagai mana yang kita ketahui jauh sebelum terlahir ke dunia ini. Sampai disini paham kan!