Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Tau Ciri-ciri Orang Kesurupan Bohongan?

Mau Tau Ciri-ciri Orang Kesurupan Bohongan? Aslinya susah-susah gampang bila untuk ditebak secara langsung, karena kan saat pemain jaranan kesurupan itu jarang yang sendirian, pasti ada banyak. Nah untuk membedakan mana orang yang kesurupan jaranan bohongan sama yang asli tentu membutuhkan cara untuk mengetahuinya.

Mau Tau Ciri-ciri Orang Kesurupan Bohongan?

Jika Anda masih terkesan awam untuk mengetahui orang yang kesurupan beneran dan bohongan pastinya akan sulit sekali. Apa lagi saat banyak jaranan yang kesurupan!

Sebaliknya, bila kita sudah mengetahui ciri khasnya Indang yang merasuk, tidak perlu waktu yang lama sudah bisa diterka. Contohnya pawang jaranan! Saat ada pemain yang kesurupan, Ndadi lalu ditembung, getaran energi hawa dari Indang yang masuk sudah bisa ditentukan dari bersamalan, juga bisa dilihat secara langsung untuk menditeksi Indang apa yang masuk.

Beda lagi bila yang awam, melihat orang kesurupan jaranan bisanya hanya menerka dan nebak, orang itu kesurupan beneran atau bohongan ya? Akhirnya ambilah kesimpulan bahwa pura-pura, padahal kan belum tentu.

Sedangkan bila orang kesurupan biasa, Anda bisa dengan mudah untuk mengetuinya yaitu dengan cara:

Cobalah mendekat dan pegang jempol kanan atau kirinya, lalu jepit tengah kuku jempolnya dengan kuku jempol Anda, bila ia terasa sakit, meronta, menarik atau apa saja tujuan melepaskan. Itu sah bohongan!

Mengapa orang kesurupan bisa merasakan sakit? Pasti bohongan! Pada umumnya, orang yang kerasukan itu tidak akan sadar pada anggota tubuhnya karena setiap akses itu dikuasai makhluk yang masuk.

Anda juga bisa mengambil contoh cepatnya, ada beberapa pemain jaranan yang kesurupan mengalami hal fatal, bisa terjatuh kuat atau perkiraan itu sakit. Perhatikan lah, ia sama sekali tidak akan merasakan itu.

Sama halnya dengan orang yang kesurupan biasa, di apa kan saja tetap tidak akan merasakan sakit.

Sebenarnya itu perlu dirahasiakan pada pemain jaranan ya! Maksudnya tidak perlu disebar luaskan, akan tetapi karena sudah beberapa kali mendapatkan pesan dari pengunjung Blog ini tentang cara untuk mengetahui orang yang kesurupan beneran atau asli, maka saya coba uraikan sedikit dan itu juga tidak bisa terlalu mendalam ya.

Kembali pada ciri-ciri orang yang kesurupan bohongan. Sebenarnya memang sulit untuk diketahui secara langsung.

Selain sakit, jaranan yang kesurupan tidak akan merasakan letih (capek). Setiap jaranan yang kesurupan pada awal datang itu disambut dengan pawang, menyediakan permintaan seperti air kembang dan minyak, setelah itu tujuannya bergerak dengan berbagai pola Indang yang tidak akan sama dengan prilaku manusia.

Jadi selain sakit, Anda pasti melihat saat jaranan kesurupan pertama kali disambut dan disediakan syarat.

Tapi jangan lupa, di meja sajen biasanya juga tersedia beberapa minuman yang bisa kapan saja diambil oleh orang yang kesurupan, seperti wadah air berisi kembang, air kelapa yang di campur gula merah dan sebagainya untuk menguatkan fisik pemain juga saat merasakan haus.

Jadi simpelnya begini saja, apa pun tingkah pemain jaranan yang kesurupan, boleh Asli Ndadi, Njambu atau bohongan. Ambilah sisi baiknya karena ini hanyalah sebatas hiburan, bukan untuk maksud tertentu.

Walaupun Anda bisa membedakan sedikit dari uraian diatas, setidaknya cukup simpan dalam hati dan sadari bahaa itu hiburan, selain itu untuk yang awam belum tentu juga terkaan akan benar pemain jaranan itu kesurupan asli atau bohongan. Ketahui lah kawan, ini hanya untuk menghibur juga melestarikan budaya kita bukan untuk di hinaan!