Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kirim Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal [LENGKAP] Latin dan Artinya

Cara Kirim Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal [LENGKAP] Latin dan Artinya

Kirim doa untuk orang yang sudah meninggal kadang ada yang tidak hapal dengan bacaan dan susunan saat membacakan Al Fatihan dan lainnya. Seperti yang kita ketahui, semasa hidup di dunia manusia diwajibkan selalu melakukan kebaikan untuk mendapatkan pahala yang akan membantu di alam kubur nanti setelah berada di alam barzah.

Saat berada di alam kubur doa dari anak dan soudara yang mengirimkan akan sangat berarti untuk mendapatkan kebaikan di alam kubur, karena itulah sangat penting untuk kita yang masih hidup mengirim doa kepada orang-orang terdekat yang sudah meninggal seperti Ibu, Bapak bahka untuk anak yang sudah mendahului.

Akan tetapi perlu diingat, jika doa yang dikirimkan akan memberikan kebaikan dan ketenangan tersendiri kepada penerimanya. Selain itu doa juga akan menjadi salah satu cara untuk kita tetap mengingat orang tersebut dan kebaikan yang sudah di tinggalkan Almarhum atau Almarhumah tersebut.

Untuk Anda yang membutuhkan rangkaian kirim doa untuk orang yang sudah meninggal, berikut telah di susun sesuai dengan pilihan yang dibutuhkan untuk yang sudah meninggalkan Anda.

Sebut Nama Seseorang Yang Sudah Meninggal

Sebelum membacakan doa untuk di kirim ke orang yang sudah meninggal, sangat di anjurkan menyebutkan nama orang tersebut sebagai pelengkap doa. Memang tanpa menyebut nama Allah swt maha mengetahui apa yang kita harapkan, namun sebaiknya tetap di lengkapi saat membacanua.

Tujuan menyebutkan nama orang yang sudah meninggal saat akan dikirimkan doa adalah memperjelas doa yang sedang kita panjatkan itu untuk siapa. Seperti yang diambil dari Imam Nawawi dalam Al-Majmu:

Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaannya, jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya.

Selain dari itu juga dijelaskan juga oleh Ibnu Sholah:

Dan hendaknya ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia untuk si Fulan.

Juga dalam menyebutkan nama, perlu diketahui untuk menyebutkan nama lelaki seperti Bapak dibutuhkan sebutan Bin dan Ibu mengunakan Binti termasuk anak. Bila tidak mengetahui nama tersbut sesuai dalam Agama mengunakan Bin Fulan untuk lelaki dan Binti Fulana untuk perempuan.

Mengirim Doa Untuk Ayah Bin

Ayah adalah orang yang rela menghabiskan waktunya demi membahagiakan keluarganya kita sesama hidupnya. Akan tetapi ketika sudah tiada mungkin keadaan akan berubah lagi.

Walaupun begitu bukan berarti kita melupakan segala perjuangannya itu dan berhenti mendoakan sang Ayah.

Sebagai anak memang sudah sepatutnya kita mendoakan orang tua yang sudah meninggal dan berikut doa yang bisa dibacakan sebelum mengirimkan Al Fatiha dan seterusnya:

Latinnya: Khushuushon ilaa ruuhi abii (nama lengkap) bin (nama mbah kakung). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya papaku (nama lengkap) putranya (nama mbah kakung) Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Mengirimkan Doa Untuk Ibu dan Binti

Bakti anak kepada Ibu saat beliau masih hidup bisa kita lakukan dengan apa saja untuk membuat hati Ibu terhibur. Bisa dimulai dari membantu pekerjaan rumah hingga membelikan kebutuhkan, walaupun begitu saar Ibu sudah meninggal tidak ada lagi yang bisa kita lakukan untuk berbakti kepada Beliau selain mengirimkan doa sebagai amalan rutin dari Anak.

Untuk Anda yang membutuhkan rangkaian doa khusus yang dikirim untuk Ibu adalah:

Latinnya: Khushuushon ilaa ruuhi ummii (Nama Ibu) Binti (Nama Kakek) Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya mamaku (Nama Ibu) putrinya (Nama Kakek). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

Mengirimkan Doa Untuk Suami

Seperti yang kita ketahui jika suami masih ada disamping Istri sudah diwajikan untuk istri berbakti kepada suami. Begitupun sebaliknya, ketika sudah meninggal istri lebih dulu sangat dianjurkan untuk tetap berbakti kepada suami melalu doa yang dikirimkan secara khusus. Berikut adalah rangkaian doa untuk dikirimkan ke suami yang sudah meninggal terlebih dahulu:

Latin: Khushuushon ilaa ruuhi zaujii (Nama Suami) bin (Nama Ayahnya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya ayahku (Nama Suami) putranya (Nama Ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Mengirim Doa Untuk Istri

Sewaktu kita tidak menghargai keberadaan istri semasa ia masih hidup, justru seorang istri itu memiliki peran yang sangat penting dalam mengerjakan rumah tangga dan mengurus anak selama suami pergi bekerja.

Tak kala saat ia sudah tiada, juga sangat dianjurkan untuk tetap mengingat kebaikan istri selama masih hidup serta mengirimkan sebuah doa saat sudah tiada. Adapun rangkaian doa untuk istri sebagai berikut:

Latinnya: Khushuushon ilaa ruuhi zaujatii (Nama Istri) binti (Nama Ayahnya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya istriku (Nama Istri) putrinya (Nama Ayahnya) Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Mengirimkan Doa Untuk Anak Perempuan

Seperti yang kita ketahui bahwa kematian bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja termasuk anak perempuan. sekalipun masih bayi, remaja, dewasa, maupun sudah tua nanti tetap akan mati sesuai dengan catatan umur yang diberikan Allah swt.

Saat sanga anak yang paling disayang meninggal dunia, sebagai orang tua sudah tentu akan selalu bahagia di dunia juga akhirat. Namun yang bisa dilakukan saat ini adalah mengirimkan doa. Adapun doa yang akan dikhususkan untuk anak perempuan yang sudah meninggal sebagai berikut:

Latin: Khushuushon ilaa ruuhi ibnati (Nama Lengkap Anak) Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya putriku (Nama Lengkap Anak) Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Mengirimkan Doa Untuk Anak laki-laki

Juga seperti yang kita ketahui bahwa anak laki-laki dikenal dengan tingkah lakunya yang tentu bisa membuat suasana rumah penuh kebahagiaan bahkan tangisan. Walaupun seperti itu, disaat ia sudah tiada mungkin keadaan rumah akan terasa berbeda dan terdapat kekurangan.

Sama seperti anak perempuan, tentu ingin anak laki-laki selalu diberikan kebahagiaan dunia dan akhirat. Karena itulah dibutuhkan rangkaian doa untuk dikirimkan kepada anak seperti dibawah ini:

Latin: Khushuushon ilaa ruuhi ibnii (Nama Lengkap Anak) Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya putraku (Nama Lengkap Anak) Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Semua rangkaian lengkap mengirimkan doa diatas paling umum digunakan oleh umat Muslim yang sesuai dengan agama Islam.

Untuk Anda yang mungkin sedangkan terpikirkan cara mengkhususkan mendoakannya, silahkan disesuaikan kepada siapa yang akan ditentukan saat akan mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal.