Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Terhindari Dari Fitnah Dajjal, Dibaca Setelah Tahiyat Akhir

Doa Terhindari Dari Fitnah Dajjal, Dibaca Setelah Tahiyat Akhir

Doa agar terhindar dari fitnah dajjal dibutuhkan untuk mengamalkan pada setiap selesai Tahiyat akhir saat mengerjakan sholat wajib. Sebagai mana yang kita ketahui, fitnah dajjal merupakan fitnah yang paling besar di antara semua fitnah.

Dalam agama Islam, Dajjal akan menyesatkan umat manusia melalui fitnah yang ia sebarkan dengan berbagai taknik yang licik lagi halus. Fitnah tersebut bisa berupa membunuh satu jiwa lalu menghidupkannya kembali, memerintah langit agar menurunkan hujan dan lainnya.

Sedari fitnah dajjal itulah keimanan umat muslim akan menjadi di uji. Sedangkan untuk menghindari fitnah dajjal, umat muslim sangat dianjurkan untuk membaca doa fitnah dari dajjal yang dibacakan sebelum salam. Selain itu doa ini juga termasuk ke dalam salah satu rukun fi'liyah yang dianjurkan.

Sesudah membaca tahiyat selesai, sebaiknya dilengkapi bersamaan dengan doa yang diajarkan Rasulullah SAW karena mengamalkan doa ini merupakan suatu yang mustajab dalam berdoa agar terhindar dari fitnah dajjal, berikut bacaannya:

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

Doa Terhundar Dari Fitnah Dajjal Latin : Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

Sebagaimana dalam Hadis Rasulullah SAW mengenai fitnah dajjal, dalam Hadis riwayat Imam al-Bukhari dalam Kitab al Jihad bab Kaifa Yu'radhu Al-Islam 'Ala Ash-Shabiy dari Bnu Umar, Rasulullah SAW bersabda:

"Sungguh aku mengingatkan kalian tentang dajjal. Tidak ada seorang Nabi pun kecuali ia mengingatkan tentang dajjal kepada kaumnya. Nabi Nuh juga telah mengingatkan kaumnya demikian, tetapi aku akan mengatakan ucapan yang belum disampaikan oleh para Nabi kepada kaumnya. Ketahuilah oleh kalian bahwa dajjal itu adalah buta sebelah matanya, dan Allah tidaklah demikian."

Dajjal memiliki berbagai kemampuan yang bisa mengubah kebenaran menjadi sesuatu yang dapat terjadi atau sebaliknya. Maka dari itu lah, Rasulullah SAW mengajarkan doa agar terhindar dari fitnal dajjal yang dibaca saat tahiyat akhir sebelum salam dalam setiap salat wajib.

Sedangkan untuk keutamaan dari mengamalkan doa setelah tahiyat akhir agar terhindar dari fitnah dajjal.

Dimana dajjal akan memberikan efek atau pengaruh yang sangat buruk pada kehidupan manusia di akhir zaman. Kemudian, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca doa supaya terhindar dari siksa kubur dan fitnah dajjal.

Keutamaan ini adalah sahih yang tertulis dalam imam Muslima pada kitab sahihnya menyebutkan riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

إذا فرغ أحدكم من التشهد ‏الآخر فليتعوذ بالله من أربع من عذاب جهنم، ومن عذاب ‏القبر ومن فتنة المحيا والممات، ومن شر المسيح الدجال” رواه مسلم

Artinya: "Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan dajjal yang terhapus dari rahmat Allah."

Diatas adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah tahiyat akhir doa agar terhindar dari fitnah dajjal. Silahkan di amalkan untuk Anda yang memang membutuhkan sebagai mana yang di anjurkan dalam agama Islam.