Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sholat Hajat dan Dzikir Lengkap Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

Doa Sholat Hajat dan Dzikir Lengkap Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

Mengerjakan sholat hajat ada yang berharap sebuah doa mustajab agar bisa dipercepat untuk dikabulkan Allah swt, maka dari itu setiap kita mengerjakan jangan lupa untuk di iringi dengan berbagai amalan tambahan seperti dzikir dan sebagainya.

Doa sholat Hajat dan dzikir akan lebih baik jika diketahui umat muslim. Doa sholat hajat dan dzikir ini dipanjatkan saat seseorang memiliki hajat yang ingin segera terwujud.

Seperti yang kita ketahui dalam agama Islam, sholat memiliki kedudukan terpenting dan merupakan pondasi yang sangat kokoh untuk pendirian, tujuannya adalah pengakuan hati bahwa Allah SWT. Jika diambil dari segi urutan, sholat menempati kedudukan posisi kedua dari rukun Islam setelah mengucapkan dua kalimat Syahadat.

Ibadah sholat adalah satu-satunya Syiar Islam yang perintahnya dijemput oleh Rasulullah SAW kehadapan Allah SWT di Sidratul Muntaha kelak.

Bhkan hanya sholat wajib saja, sholat sunnah juga memiliki banyak keitimewaan yang sayang untuk tidak dikerjakan. Dan salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan adalah sholat hajat. Maka dari itu karena sebagai umat muslim sebaiknya mengetahui dan mengamalkan doa sholat hajat dan dzikir.

Beberapa informasi mengeni doa sholat hajat dan dzikir, lengkap dengan latin, arti dan keuataannya diambil dari Situs NU Online dan berbagai sumber lain yang akurat.

Doa Sholat Hajat dan Dzikir

Doa sholat hajat dan dzikir yang mustajab, sebaiknya diketahui umat muslim secara lengkap. Doa sholat hajat dan dzikir dipanjatkan saat seseorang memiliki hajat yang ingin segera terwujud berdasarkan niat dalam hatinya.

Sholat hajat seperti yang kita ketahu merupakan sholat sunnah yang berkaitan erat dengan rezeki, pekerjaan dan hal ini tak lain karena sholat hajat dipercaya dapat mendatangkan rezeki berupa ijabah, keberhasilan dan kesuksesan terhadap apa yang diinginkan juga cita-cita yang ingin lekas tercapai.

Dan ini merupakan doa sholat hajat dan dzikir yang dibaca selepas melaksanakan ibadah sholat hajat tengah malam.

Doa Sholat Hajat

Sesudah mengerjakan shalat hajat sebaiknya seseorang memuji Allah dan bershalawat untuk Rasulullah SAW. Walaupun Allah SWT sudah mengetahui hajat yang bersangkutan, baiknya kita teyap membaca doa shalat hajat seperti yang diajarkan Rasulullah SAW:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Shalat Hajat

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Arti Doa Shalat Hajat

“Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Dzikir Setelah Sholat Hajat

Untuk membaca selain doa sholat hajat, Anda juga perlu membaca dzikir setelah sholat hajat agar mustajab doa yang di panjatkan. Juga perlu diketahui bahwa ada dzikir khusus yang bisa dipanjatkan untuk memuji juga memohon ampunan kepada Allah SWT.

Ingat Allah SWT memaafkan dosa-dosa hamba-Nya, maka segala permintaan hajat akan berpeluang besar dikabulkan Allah SWT. Berikut urutan dzikir sholat hajat yang sebaiknya di amalkan:

  • Sholawat (Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad) dibaca 100 kali.
  • Istighfar (Astaghfirullahal 'azhim) dibaca 100 kali.
  • Tasbih (Subhanallah) dibaca 100 kali.
  • Tahmid (Alhamdulillah) dibaca 100 kali.
  • Takbir (Allahu Akbar) dibaca 100 kali.
  • Tahlil (Laa ilaaha Illallaah) dibaca 100 kali.
  • Surat Al-Ikhlas baca 11 kali.
  • Surat Al-Falaq baca 11 kali.
  • Surat An-Annas sebanyak 11 kali.
  • Ayat Kursi baca 11 kali.
  • Hauqolah (La haula wala quwwata illa billahil aliyil 'azhim) dibaca 100 kali.
  • Kalimat (Hasbunallaahu wani'mal wakil ni'mal maula wani'man nashir) dibaca 100 kali

Waktu Sholat Hajat

Sebelum Anda mengamalkan doa sholat hajat dan dzikir, perlu di ketahui ada waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat hajat.

Shalat hajat memang bisa dikerjakan kapan saja, kecuali pada waktu sesudah sholat wajib subuh hingga matahari terbit dan setelah waktu sholat wajib ashar sampai matahari terbenam.

Akan tetapi waktu terbaik yang dianjurkan untuk menunaikan sholat hajat adalah malam hari, dikhususkan pada sepertiga bagian terakhir malam. Dalam agama Islam, waktu sepertiga malam Allah SWT turun ke langit terendah untuk melihat siapa yang beribadah dan meninggalkan tidurnya di tengah malam untuk mengingat dan sujud.

Sholat hajat akan lebih baik dikerjakan sebanyak 2 hingga 12 rakaat, setiap 2 rakaat salam.

Keutamaan Sholat Hajat

Sesudah Anda mengetahui doa sholat hajat dan dzikir juga perlu mengetahui mengenai keutamaan dari sholat hajat ini.

Sholat hajat merupakan permohonan kepada Allah swt untuk senantiasa didekatkan dengan rezeki yang Allah Ridhai. Dan berikut ini keutamaan sholat hajat yang dapat dirasakan dalam hadist Rasulullah SAW yang memiliki arti:

“Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian salat dua rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

Dari hadis diatas, Rasulullah Shallallahu ‘allaihi wasallam mengajarkan bahwa kita senantiasa untuk meminta kepada Allah SWT melalui sholat. Terutama apa bila sedang dalam keadaan memiliki hajat.

Sedangkan Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam bukunya Fiqih Empat Mazhab menulis,

“ Dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.”

Dengan memahami doa sholat hajat dan dzikir lengkap diatas lalu dikerjkaan, inya Allah setiap permohonan yang panjatkan akan segerap terkabulkan.