Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Qobliyah Subuh Lengkap Dengan Zikir

membaca doa setelah sholat gobliyah subuh

Doa setelah sholat gobliyah subuh, akan lebih baik diketahui oleh setiap Muslim yang mengerjakannya. Sholat sunah dua rakaat sebelum subuh yang satu ini memiliki keutamaan lebih baik dari jagad seisinya (dunia).

Akan tetapi, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang doa setelah qobliyah subuh dan tata cara membacanya.

Sholat qobliyah subuh atau salat fajar merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum melaksanakan sholat subuh berjama'ah atau dikerjakan sendiri.

Sholat ini memiliki banyak sekali keutamaan yang tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh umat muslim yang mengerjakan.

Walaupun termasuk ibadah sunnah, akan tetapi kebaikan yang akan kita dapatkan lebih baik dari seisi dunia.

Sedangkan doa setelah qobliyah subuh bisa dibaca umat muslim sesudah melakukan salat sunnah ini sebelum berdiri.

Dan berikut bacaan doa qobliyah subuh yang di rangkum dari NU Online:

Sebelum di amalkan doa setelah qobliyah subuh, wajib menjalankan sholat qobliyah subuh terlebih dahulu sebelum membacanya.

Adapun niat sholat qolbiyah subuh sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW adalah:

Ushalli sunnatas shubhi rak'ataini lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku menyengaja sembahyang sunah Subuh dua rakaat karena Allah SWT."

Dan Adapun tata cara salat qobliyah adalah sebagai berikut:

  1. Membaca Niat
  2. Takbiratul Ihram
  3. Membaca surah al-Fatihah dilanjutkan salah satu surah dalam Al-Quran (dianjurkan surah al- Kafirun, surah al-Ikhlas, surah al-Baqarah ayat 136, dan surah Ali Imran ayat 52).
  4. Rukuk.
  5. Iktidal.
  6. Sujud pertama.
  7. Duduk di antara dua sujud.
  8. Sujud kedua rakaat pertama.
  9. Berdiri dan mengulang urutan di atas sejak membaca Surah al-Fatihah hingga sujud kedua.
  10. Duduk tasyahud.
  11. Mengucapkan salam, menoleh ke kanan dan kiri.

Sesudah mengerjakan salat qobliyah subuh, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah qobliyah subuh.

Adapun doa setelah qobliyah subuh yang bisa diamalkan oleh umat muslim dibawah ini:

  • Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta (40 kali)
  • Al Ikhlas (11 kali)
  • Al Falaq (1 kali)
  • An Nas (1 kali)
  • Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah (100 kali)

Sesudah melantunkan zikir diatas, akan bisa melanjutkan dengan bacaan dibawah ini lagi:

Allahumma Robbi Jibrila wa Mikaila wa Isroofiila wa ‘Izrooiila, wa Robbi Sayyidina Muhammadin Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Ajirnii minan naar.

Artinya: "Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, dan Tuhannya junjungan kami Muhammad SAW. Selamatkanlah kami dari neraka"

Sedangkan untuk keutamaan Salat Qobliyah Subuh, seperti yang sudah kita diketahui, sholat qobliyah subuh sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Ada banyak sekali keutamaan dua rakaat sebelum sholat subuh yang bisa didapatkan seorang muslim. Sebagaimana pesan Rasulullah SAW, artinya:

Dua rakaat salat fajar lebih baik dari dunia seisinya.

Selain itu, yang harus diperhatikan adalah anjuran untuk tidak berlama-lama saat mengerjakan salat, mengingat predikat ini adalah salat sunah.

Walaupun begitu mampu menutupi Kekurangan dalam mengerjakan Salat Wajib, salah satu keutamaan sholat qobliyah subuh, yaitu menutupi kekurangan salat wajib yang dikerjakan.

Kutipan dari Situs NU Online, Allah SWT akan senantiasa membuka ruang bagi hamba-Nya untuk memperbaiki dan menutupi kekurangan salat wajib.

Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadis, yang artinya: Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat adalah salat fardhu. Itu pun jika sang hamba menyempurnakannya. Jika tidak, maka disampaikan, “Lihatlah oleh kalian, apakah hamba itu memiliki amalan (sholat) sunnah?"

Jika memiliki amalan salat sunah, sempurnakan amalan salat fardhu dengan amal salat sunahnya. Kemudian, perlakukanlah amal-amal fardhu lainnya seperti tadi,”
(HR. Ibnu Majah).

Selain itu diiangkat derajatnya yang mengerjakan sholat gobliyah subuh, setiap muslim yang mengerjakan salat qobliyah subuh akan dihapuskan dosa dan diangkat derajatnya. Umat Islam yang banyak bersujud dengan salat, Allah akan diampuni dosa-dosanya dan ditinggikan derajatnya.

Balasan istana di surga, keutamaan salat qobliyah subuh lainnya, yaitu berupa balasan istana di surga.

Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadis, artinya: "Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut."
(HR. Muslim).