Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Pengatin Baru, Sambil Kirimkan Ucapan Ya!

mengirimkan ucapan dan doa untuk pengating baru

Doa pengatin baru, memang sangat utama diperlukan untuk keduanya, baik calon suami atau juga istri. Karena selain hanya sebatas ucapan pernikahan, membaca doa untuk pengantin merupakan salah satu hal yang selayaknya untuk diucapkan oleh pasangan yang baru saja atau akan menikah.

Kesungguhan hati menyampaikan dan memanjatkan doa. Itu juga menandakan bahwa Anda turut berharap pada Allah swt untuk kebahagian kedua mempelai di kehidupan rumah tangga mereka.

Hanya saja doa pengatin baru bukan sembarangan yang dibaca, karena ada doa khusus yang dapat dipanjatkan atau kirimkan pada pasangan yang baru saja menikah maupun yang sedang mempersiapkan pernikahan mereka.

Namun bukan juga hanya ucapan "Samawa" saja atau juga "Semoga Sakinnah Mawaddah Warrahmah". Untuk lebih lengkapnua ini lah bacaan doa untuk pengantin baru yang perlu diketahui jika ingin membacanya.

Doa untuk pengatin baru, ketika akan menghadiri akad nikah atau walimah pesta resepsi pernikahan seseorang, ucapan pernikahan yang umumnya disampaikan oleh para tamu undangan atay keluarga adalah "Semoga sawawa, ya sob" atau juga "Sakinnah Mawaddah warrahmah" Memang ucapan tersebut merupakan doa yang baik untuk diucapan.

Akan tetapi bukan doa untuk pasangan yang baru menikah. Jika Anda ingin menyampaikan doa untuk pengantin baru, silahkan baca yang ini saja pasti lebih sempurna.

Dari Abu Hurairah R.A., beliau berkata, "Adalah Nabi Muhammad S.A.W. bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah mendoakan:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan"
(Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

Diataslah doa yang tepat untuk pasangan yang baru saja menikah saat Anda memenuhi undangan, selain itu doa diatas akan lebih baik disambung dengan mengucapkan "Samawa".

Akan tetapi jika tidak sempat bertemu dengan orang yang baru menikah dapat mengirimkan doa ini dalam ucapan pernikahan pada saudara atau teman yang menikah dan berkesempatan datang.

Bila menemani teman atau saudara dalam mempersiapkan acara pernikahan dengan pasangannya, maka panjatkan doa untuk kelancaran menjelang hari bahagia mereka nanti.

Karena biasanya, selalu ada saja ujian yang datang mendera orang-orang yang sedang menanti hari pernikahan akan berlangsung, dengan dipanjatkannya doa semogga diberi kelancaran.

Juga terdapat beberapa doa yang bisa dipanjatkan untuk calon pengantin baru. Dan doa tersebut adalah potongan surat dalam al-Quran.

Doa ini dibaca agar teman atau soudara yang akan menikah mendapatkan jodoh yang baik. Berikut potongan dari surat asy-Syuara ayat 83 baik untuk Anda bacakan pada calon pengantin baru:

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya: (Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh."

Kemudian, ada juga doa memohon kelancaran persiapan dalam sebuah acara pernikahan, surat al-Kahfi ayat 10:

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)".

Selain Anda yang menghafalkan untuk membacakan doa diatas, sebaiknya juga diberitahukan pada calon yang akan melangsungkan pernikahan. Karea sebaik-baiknya sebuah ucapan adalah berdoa!

Berbeda lagi jika orang yang sudah selesai melangsungkan pernikahan, terdapat doa untuk pasangan pengantin yang juga sebaiknya dibaca oleh Anda sebagai teman atau soudara.

Doa buat pasangan pengantin tetap sama seperti yang tercantum pada bacaan diatas tadi. Akan tetapi selain doa tersebut, Anda juga dapat membacakan doa yang memohonkan rahmat serta keberkahan untuk mempelai (mereka) berbahagia menjalani rumah tangga. Adapun doa tersebut sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka."
(HR. Ahmad)

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya: "Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka."
(HR. Muslim).

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Artinya: "Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku."

Dan doa yang terakhir bisa Anda amalkan pada sebuah acara pernikahan sebagai berikut:

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya: "Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian."

Diatas adalah beberapa kumpulan bacaan doa untuk pengantin baru yang bisa Anda panjatkan pada teman baik, sahabat atau teman saat menikah. Atau juga kepada mereka yang masih dalam tahap mempersiapkan sebuah pernikahan.