Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Nabi Yunus Dalam Perut Ikan, Lengkap Dengan Keutamaannya

Bacaan Doa Nabi Yusus Dalam Perut Ikan, Lengkap Dengan Keutamaannya

Doa Nabi Yunus AS dalam perut ikan merupakan amalan yang sudah ada dalam Al Qur'an. Setiap kita sebagai manusia dalam kehidupan pasti pernah merasakan kecemasan yang disebabkan karena berbagai penyebabnya.

Dimulai dari masalah kecil hingga besar sekalipun, contohnya terdapat masalah dengan anggota keluarga, pasangan, teman atau karena kejadian yang tidak pernah diduga sama sekali.

Sedangkan dalam menghadapi segala kesulitan yang membuat kecemasan, dalam Islam mengajarkan tentang pentingnya untuk kita berdoa.

Membaca doa itu akan membuat manusia semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu doa juga merupakan wadah untuk kita mencurahkan kedekatan hati dan meminta pertolongan kepada Allah swt dari apa yang menjadi keinginan kita sebagai manusia.

Umat Islam yang mengaku dan memahami dirinya sebagai hamba Allah swt, lemah dan sangat butuh kasih sayang dari Allah, maka doa merupakan bagian dari solusi terhadap apa yang menjadi kebutuhan manusia termasuk perlindungan dari sesuatu yang membahayakan diri kita.

Sedangkan salah satu doa yang bisa kita panjatkan untuk mengatasi rasa khawatirmu adalah dengan membaca doa seperti yang telah terjadi pada Nabi Yunus AS.

Doa Nabis Yunus AS

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illa Anta, subhanaka innii kuntu minaz zalimim.

Artinya: Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim
(QS Al-Anbiya’ 87).

Keutamaan Doa Nabi Yunus

Di Riwayatkan kisah Nabi Yunus saat ditelan seekor ikan besar menjadi pelajaran berharga untuk banyak orang, terutama umat Islam saat menghadapi sebuah musibah. Seperti yang banyak diulas Ulama, Nabi Yunus berada dalam perut binatang laut selama 40 hari lamanya. Karena berkat kuasa dan kehendak Allah SWT, Nabi Yunus tetap bisa hidup dan keluar dalam keadaan selamat sampai ke daratan.

Disaat berada dalam perut ikan besar, Nabi Yunus tak lepas selalu berdoa kepada Allah SWT, memohon ketenangan hati dan keselamatan untuk dirinya.

Dengan ketekunanya dalam berdoa dapat kita jadikan sebuah contoh terlebih saat dihadapkan pada sesuatu yang menakutkan apa lagi berbahaya dan mencemaskan.

Doa Nabi Yunus memiliki berbagai manfaat dan keutamaan bila di amalkan secara rutin termasuk berdoa.

Jadi tak heran jika banyak Ulama yang mengamalkan doa ini. Salah satunya adalah Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani dalam kitab Abwab al-Faraj mengungkapkan para ulama dan wali ada yang membacanya 40 kali setelah sholat tanpa terputus sama sekali, bahkan ada yang membacanya 1000 kali resacar rutin setiap hari.

Keutamaan doa Nabi Yunus AS di antaranya sebagai berikut:

  1. Keinginanya dikabulkan Allah SWT , dimana penjelasan tersebut tertuang dalam hadis riwayat At-Tirmidzi yang memiliki arti sebagai berikut:
    • "Doa Dzun Nuun [Nabi Yunus] ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: 'Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin'. Sesungguhnya tidaklah seorang Muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.”
  2. Mendapat pahala orang yang mati syahid. Dalam hadis riwayat al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash disebutkan bahwa apabila seseorang membaca doa ini 40 kali saat sakit, lalu ia meninggal, maka dirinya akan mendapat pahala layaknya orang yang meninggal syahid.
  3. Diampuni oleh Allah SWT. Doa Nabi Yunus ini berisi permintaan maaf kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah diperbuatnya. Dengan sungguh-sungguh membaca doa ini, niscaya Allah SWT akan menerima pertaubatan umatnya.

Diatas adalah doa Nabi Yunus AS yang bermanfaat untuk kita amalan secara rutin, karena bukan hanya kita yang mengamalkan termasuk banyak umat Muslim menjadikan doa ini sebagai prisai dalam berbagai masalah yang sedang terjadi.