Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap, Latin dan Artinya

doa mau masuk kamar mandi dan keluar toilet

Doa Masuk ke kamar mandi, biasanya bukan hanya untuk yang ingat membaca doa, tetapi mungkin yang lebih banyak lagi tidak mengetahui sama sekali. Sehingga saat mau masuk ya nyolong saja begitu juga saat akan keluar.

Dengan tanpa menyadari untuk membaca doa masuk kamar mandi latin dan artinya, membuat kita tanpa menyadari bahwa dalam Agama Islam telah meriwatkan jin dan setan bermukim di tempat-tempat yang kotor seperti toilet juga kamar mandi.

Anjuran dalam hal ini, Rasulullah SAW memberikan bacakan zikir sebelum masuk ke kamar mandi latin dan artinya, namun cukup baca latinnya saja.

Sebagaimana dalam hadis riwayat Bukhari no. 142 dan Muslim no. 375, berikut bacaan doa masuk kamar mandi dan artinya:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِث

Latin: “Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni ‘audzu bika minal khubutsi wal khobaits.”

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan-setan lelaki dan setan-setan perempuan.”

Doa diatas dibaca saat akan masuk ke kamar mandi, setelah selesai menggunakan atau sesaat akan keluar dianjurkan untuk membaca doa keluar kamar mandi, berikut ucapkan singkat yang dibaca:

غُفْرَانَكَ

Latin: “Ghufronaka.”

Artinya: “Ya Allah, aku mengharap ampunan-Mu.”

Jika doa masuk ke kamar mandi dan keluar akan diatas biaa Anda pahami, jangan lupa untuk terdapat sesuatu yang sebaiknya tidak dikerjakan saat berada di kamar mandi, yaitu bersuara seperti cerita dan sebagainya. Termasuk sambil telponan di kamar mandi.

Selain tidak diperkenannya berbicara di toilet kamar mandi, sebaiknya jika mendengar salam tidak perlu di jawab. Rasulullah SAW tidak mengucapkan salam karena dirinya sedang buang hajat.

أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ فَسَلَّمَ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ.

Artinya: “Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.”

Amalan doa masuk ke mandi di atas arab, latin dan artinya akan lebih baik dipelajari bila belum pernah untuk membacanya saat akan ke toilet.

Selain itu juga tidak dianjurkan untuk melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu saat akan masuk, tapi pergunakanlah yang kiri terlebih dahulu. Sebaliknya jika akan keluar dari toilet atau kamar mandi di anjurkan untuk melangkahkan kaki yang sebelah kanan terlebih dahulu dan jangan lupa untuk membaca doa masuk ke kamar mandi latin jika hafal dan artinya kalau memang belum dihafalkan.