Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Ketika Turun Hujan Lebat dan Setelah Reda

membaca doa ketika turun hujan dan setelah reda

Hujan deras atau juga saat gerimis, waktu sekarang ini paling banyak menguyur, hampir seluruh Indonesia sudah maauk musim hujan. Seperti yang kita ketahui bahwa hujan merupakan anugerah dan berkah dari Allah swt kepada setiap Manusia.

Dengan adanya air yang turun sebagai hujan, apa pun yang membutuhkan mendapatkan seperti tumbuhan akan menjadi subur.

Dimana tumbuhan yang subur dan tumbuh dengan baik mampu memberi manfaat untuk setiap Manusia lewat buah dan sayur mayur, selain itu pohon yang rindang juga banyak manfaat yang lainnya.

Agama Islam juga menganjurkan setiap umatnya untuk memanjatkan doa ketika turunnya hujan, saat hujan lebat juga setelah hujan reda.

Hal inilah sebagai wujud rasa syukur dan memohon perlindungan supaya hujan turun tidak mendatangkan bahaya untuk kita.

Dimana Imam Syafi'i telah meriwayatkan dalam kitab al-Umm dengan sanad yang mursal, dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, "Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan.

Dari Imam an-Nawawi juga mengatakan bahwa doa pada saat hujan tidak ditolak atau jarang ditolak karena pada waktu itu tengah turun rahmat, berupa curahan hujan pertama di awal musim. Untuk beberapa doa yang akan baik dibaca saat hujan adalah:

Doa Ketika Turun Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Latin: “Allahumma shayyiban nafi’an."

Artinya: Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhar dari Aisyah RA).

Doa Ketika Merasa Takut Bahaya Hujan Lebat

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latin: “Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari."

Artinya: Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim) 

Doa Setelah Hujan Reda

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Latin: "Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi."

Artinya: Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari).

Diatas adalah doa yang bisa dibaca saat berbagai macam hujan yang turun, baik gerimis, lebat hingga saat sudah reda. Walaupun begitu, jika merasakan ketakutan saat hujan turun disertai petir kilatan, juga dianjurkan untuk membaca doa diatas. Semogga bermanfaat.