Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Ketika Mimpi Buruk, Lengkap Jika Terbangun

Doa Ketika Mimpi Buruk, Lengkap Jika Terbangun

Doa ketika mimpi buruk sebaiknya memang harus dibaca agar selanjutnya bisa tidur pulas dan nyenyak, karena saat sedang tidur kita mengalami sebuah mimpi dan akhirnya terbangun.

Mimpi buruk itu sendiri dapat diartikan hanya sebatas bunga tidur yang berupa kejadian, namun teringatnya akan hal tersebut bisa memberi kabar duka atau bahkan bahagia, selain itu juga menegangkan sampai membuat ketakutan sampai merinding hal seperti ini biasanya disebut dengan mimpi buruk.

Dalam agama Islam, sebuah mimpi yang mengganggu seseorang dan membuat takut berasal dari gangguan Jin atau Setan. Maka dari itu, untuk mencegah agar tidak terjadi hal tersebut kita bisa membaca doa mimpi buruk kepada Allah SWT untuk memdapatkan perlindungan-Nya.

Terdapat dua doa ketika mimpi buruk yang dianjurkan untuk di amalkan. Beberapa bacaan doa-doa yang bisa amalkan adalah:

Doa mimpi buruk yang diriwayatkan oleh Ibnu Sinni, bacaannya sebagai berikut:

Doa Mimpi Buruk Latin: Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

Selain doa diatas, ada juga doa mimpi buruk saat terjaga:

Doa Terbagun Dari Mimpi Buruk Latin: Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Sebuah mimpi memang tidak akan dapat dihindari. Sebagaimana Rasulullah SAW, bersabda:

"Jika ada di antara kalian yang melihat mimpi yang disukainya, ini dari Allah, jadi biarkan dia memuji Allah untuk itu dan membicarakannya kepada orang lain. Jika dia melihat selain itu, mimpi yang dia tidak suka, ini dari setan, jadi biarkan dia berlindung kepada Allah dari kejahatannya dan jangan menyebutkannya kepada siapa pun, karena itu tidak akan merugikannya." [Al-Bukhaari, 6584; Muslim, 5862]

Riwayat hadis tersebut menjelaskan bahwa walaupun mimpi buruk berasal dari setan, pada hakikatnya semua kejadian adalah kehendak Allah SWT. Maka dari itu, sebaiknya untuk selalu meminta perlindungan kepada Allah swt.

Untuk Anda yang sering mengalami mimpi buruk sebaiknya bacalah doa diatas yang sebelum tidur, juga bila terbangun saat mempi buruk yang menyeramkan membuat takut.