Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Istikharah Lengkap Latin, Artinya, Tata Cara dan Waktu Mengerjakan

Doa Istikharah Lengkap Latin, Artinya, Tata Cara dan Waktu Mengerjakan

Membaca doa istikharah sebelum digunakan, akan lebih baik untuk dikenali dulu sebelum melaksanakannya. Untuk tata cara melaksanakan sholat istikharah, tentunya yang yang paling istimewa ada pada doanya sebagai permintaan kepada Allah swt. Akan tetapi perlu menghafalkannya agar sholat istikharah semakin berkah saat dikerjakan.

Seperti yang kita ketahui, istikharah adalah sholat sunah yang dikerjakan 2 rakaat, dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menentukan pilihan yang mendesak dan cepat. Karena hal ini berkaitan dengan berbagai macam pilihan dalam hidup terutama jodoh, tapi bukan hanya untuk itu saja masih ada yang lainnya Pekerjaan contohnya dan lain sebagainya.

Doa istikharah sangat cocok dilafalkan untuk yang sedang bimbang dalam menentukan pilihan terkait berbagai hal seperti diatas tadi.

Anda bisa meminta petunjuk pada Allah SWT melalui sholat istikharah yang akan membuat mampu menentukan pilihan yang benar dan terbaik menurut petunjuk dari Allah SWT melalui panjatan doa sholat istikhara.

Untuk mengerjakannya berikut yang sudah dirangkum lengkap.

Tata Cara Sholat Istikharah dan Niatnya

Sebelum Anda mengenali doa istikharah, sebaiknya perlu pahami dulu tata caranya, sedangkan doa istikharah termasuk ke dalam tata caranya yang penting diketahui dulu. Untuk tata cara sholat istikharah dimulai dari pembacaan niat:

Niat Sholat Istokhara : "Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala"

Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.

  1. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  2. Membaca surat Al Fatihah
  3. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Kafirun
  4. Ruku’ dengan tuma’ninah
  5. I’tidal dengan tuma’ninah
  6. Sujud dengan tuma’ninah
  7. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  8. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  9. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  10. Membaca surat Al Fatihah
  11. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Ikhlas
  12. Ruku’ dengan tuma’ninah
  13. I’tidal dengan tuma’ninah
  14. Sujud dengan tuma’ninah
  15. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  16. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  17. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  18. Salam
  19. Dan Melafalkan doa istikharah

Setelah selesai mengerjakan keseluruhan diatas, dilanjutkan dengan kunci memanjatkan doa terlebih dahulu sebeluk diselesaikan mengerjakannya.

Doa Istikharah Latin dan Artinya

Setelah melaksanakan sholat istikharah, tentunya yang yang paling istimewa dan kuncinya adalah doa istikharah. Dibaca setelah salam, juga dianjurkan untuk membaca doa istikharah berikut:

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Mahatahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya.

Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya."

Diatas adalah doa istikharah beserta tata caranya yang perlu dipahami saat mengamalkannya. Sesudah sholat istikharah, tentunya akan timbul rasa tenang dan mantap di hati untuk menentukan pilihan yang sedang di bimbangkan. Petunjuk yang didapat dari istikharah bermacam-macam bisa mendapatkan berupa mimpi sebagai isyarat atau dengan cara tertentu lainnya yang tidak akan disadari tapi memahami. Dan sebaik-baiknya mengerjakan sholat istikharah dilakukan dua atau tiga kali jika dirasa hati masih ada keraguan juga belum mendapatkan petunjuk yang di pahami dalam pikiran Anda.

Waktu Sholat Istikharah

Selain memahami untuk membaca doa istikharah, yang tentunya perlu juga untuk mengetahui waktu terbaik melaksanakan ibadah sunah istikhara. Akan tetapi juga perlu mengetahu dalil dari sholat sunah untuk mengusir kebimbangan dalam hati mengunakan istikhara. Untuk mengenai dalil sholat istikharah, hadits Shahih Bukhari menjelaskan:

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu‘anhuma, ia berkata "bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kami cara mengerjakan sholat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Alquran."

Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu."
(HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya).

Jadi sholat istikharah bisa dilakukan kapan saja, siang atau malam. Tanpa ada batasan tertentu dalam waktu melaksanakannya. Akan tetapi tidak diperbolehkan melakukannya setelah sholat subuh sampai matahari meninggi dan sesudah sholat asar sampai matahari tenggelam.

Mesti dapat dilakukan siang atau malam, sholat Istikharah sangat dianjurkan dilakukan pada waktu sepertiga malam seperti sholat tahajud dan sunah lainnya.

Pembagian tiga waktu yang disunahkan di antaranya adalah:

  • Sepertiga pertama, dimulai setelah sholat Isya sampai pukul 10.30
  • Sepertiga kedua, dimulai 10.30 hingga 01.30
  • Sepertiga ketiga (terakhir), dimulai 01.30 hingga sebelum memasuki subuh.

Diatas adalah doa istikhara lengkap latin dan artinya serta tata cara juga pembagian waktu sepertiga malam untuk mengerjakannya. Untuk Anda yang melaksakannya semogga hajatmu lekas terkabulkan. Amin