Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan, Lengkap Arab, Latin, Artinya

Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan, Lengkap Arab, Latin, Artinya

Cuaca hujan adalah fenomena alam yang membuktikan kebesaran Allah SWT, sebagai makhluk cipta-Nya akan lebih mengutamakan untuk mensyukuri nikmat air yang menetes dari langit ini dengan membaca doa saat turun hujan yang kita terima.

Dengan turunnya hujan membuat keseimbangan alam tetap terjaga karena persediaan air yang cukup memenuhi kebutuhan setiap manusia juga yang membutuhkannya seperti hewan, tumbuhan juga tanah yang meresapi. Akan tetapi terkadang saat hujan turun dengan deras membasahi alam namun keadaan lingkungan telah rusak dan berubah, sehingga manusia dihinggapi kecemasan akan munculnya banjir dan longsor juga lainnya.

Seperti yang kita ketahui ketika hujan turun mengguyur tanpa henti dan dikhawatirkan menyebabkan bencana seperti banjir dan sebagainya, akan lebih baik untuk kita mengucapkan doa agar langit cerah dan tidak hujan untuk memohon kepada Allah SWT supaya diberi keselamatan dari turun hujan yang akan membuat bencana, atau memang ada keperluan penting seperti acara pernikahan dan sebagainya.

Bacaan doa yang akan dibagikan ini juga diucapkan ketika kita meminta hujan lebat yang mengguyur daerah agar lebih cepat reda. Buat mereka yang akan bepergian, piknik atau menghadiri sebuah acara sebaiknya membaca doa agar langit cerah dan tidak hujan ketika hendak memulai untuk pergi ke arah tujuan sesuai dengan niat hati.

Dan berikut ini adalah bacaan doa agar langit kembali cerah dan tidak jadi hujan atau segera reda.

Sebagaimana sebuah doa untuk menurunkan dan menghentikan hujan merupakan kuasa Allah SWT. Namun dalam agama Islam juga mengajarkan kepada pemeluknya untuk berdoa kepada Allah agar hujan yang turun membawa manfaat dan terhindari dari musibah.

Sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk membaca doa agar langit cerah dan tidak hujan ketika diguyur hujan yang deras dan lama berhenti.

Pada keutamaanya doa ini, sebenarnya dibaca agar hujan yang turun tidak menjadikan musibah dan marabahaya untuk umat Muslim. Akan tetapi doa ini juga bisa dilafalkan untuk memohon agar langit cerah dan tidak hujan, adapun bacaannya sebagai berikut:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan Latin : Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Doa agar langit cerah dan tidak turun artinya : "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan (hujan) yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."

Selain doa diatas, jika dikuatirkan untuk terjadi bahaya, Anda bisa menambahkan dengan bacaan dibawah ini sebagai doa Agar Terhindar dari Musibah ketika Hujan:

ِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Latin: Bismillahilladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami'ul 'alim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Untuk membaca kedua doa diatas sebaiknya iringi dengan membaca Al Fatiha 3 kali sesudahnya, selain itu penuh pengharapan kepada Allah swt agar langit cerah dan tidak hujan.