Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keris Singo Barong Yang Di Bawa Pawang Jaranan

Pawang jaranan (kuda lumping) sangat sering terlihat membawa sebuah keris saat ada tangapan, bila yang tidak menghiraukan pasti akan biasa saja untuk melihatnya.

fungsi keris singo barong yang dibawa pawang jaranan

Tapi berbeda untuk yang memiliki rasa penasaran, pikirannya berpikir kira-kira itu keris apa ya yang dibawa Pawang? Itu adalah Keris Singo Barong!

Sepintas bila dilihat secara langsung nampak sangat indah dan unik, terdapat 2 macam yang sering terlihat bila diperhatikan, dimana:

  1. Yang pertama biasa saja, tanpa tambahan dari billa kerisnya yang hanya bentuk menyerupai singo barong.
  2. Sedangkan yang lebih indah, biasanya akan terdapat ukiran mengunakan besi kuningan tambahan pada singo barongnya.

Kedua bentuk keris itu hampir sama saja fungsinya jika digunakan Pawang, hanya saja terkadang tingkat kekuatannya pasti berbeda. Ada yang terasa sangat kuat dan juga biasa saja, namun efek untuk digunakannya jelas dan bermanfaat untuk acara yang sedang berlangsung.

Jadi kira-kira apa saja ya manfaat keris singo barong oleh Pawang jaranan?

Pada umumnya, keris ini digunakan untuk berbagai tujuan, yang paling inti sekali adalah pengendalian Indang yang merasuk dalam tubuh pemain jaranan itu sendiri.

Anda sebagai penonton pasti tidak akan mengetahui, bahwa ada Indang yang sulit sekali untuk dikeluarkan, bahkan dibutuhkan kekuatan secara supranatural yang menimbulkan efek gesekan, bahkan ada yang sampai terluka dalaman saat menyembuhkan orang tersebut. Karena Indang tidak mau keluar begitu saja.

Inilah butuhnya, sosok Indang harus dikendalikan supaya patuh oleh Pawang, diminta keluar ya segera termasuk pergi dan datang.

Akan tetapi bukan sebatas itu saja, saat pembukaan juga sering Indang jaranan yang di undang tidak mau datang, ada banyak penyebabnya dan paling utama adalah memang sengaja ada yang mengunci.

Setiap jaranan kan ada yang suka dan juga tidak, bila kebetulan kurang menyukai memiliki kemampuan, sering kali dikerjain.

Dengan begitu dibutuhkanlah kemampuan yang lebih dari para Pawang jaranan, sehingga mengelurkan keris singo barong agar semuanya bisa dirampungkan.

Selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa Indang barongan termasuk yang memiliki Kasta lebih tinggi dari pada umumnya seperti Suwarbangkolo atau juga Samber nyowo.

Dimana yang memiliki Tua melebihi dari yang lainnya, tentu akan lebih dihormati juga turuti oleh Indang lain.

Dengan begitu, perlakuan Pawang berupa sajen tentu akan sedikit berbeda termasuk saat masuk dan keluar dari tubuh pemain.

Jadi inilah kegunaan dari Pawang jaranan membawa Keris Singo Barong saat akan tampil dimulainya sebuah permainan.

Hanya saja, ada Pawang yang mengunakannya biasa saja supaya terlihat oleh penonton dan ada juga yang tidak terlalu nampak atau disembunyikan dan keluarkan pada saat memang benar-benar diperlukan.

Untuk keperluan yang lainnya keris Singo Barong Pawang jaranan, memang masih ada banyak sekali namun untuk keutamaan digunakan kita ambil simpel dan cepat saja sesuai dengan keperluan saat diadakannya permainan jaranan.

Diatas hanyalah menjawab pertanyaan dari Pengunjung Blog ini yang mengirimkan pertanyaan dari komentar fungsi Pawang Jaranan kok sering bawa keris singo barong.