Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mendapatkan Endang wayang Saat Nonton Kuda Lumping (Jaranan)

Endang jaranan yang disebut dengan Wayang, bisa dikatakan paling kuat bila merasuk ke tubuh pemain karena sering di dikatakan lebih tua dengan pengaruh yang berat.

Endang jaranan yang disebut dengan Wayang

Untuk pemain yang dirasukinya juga sudah pasti hanya yang tertentu saja, jadi tidai semua pemain yang bisa kesurupan jaranan digunakan oleh sembarangan Endang yang cocok.

Bila Pawang jaranan pastinya akan mengetahui jenis Endang yang sedang merasuki ditubuh anggota jaranan yang sedang kesurupan, mengetahuinya juga hanya sebatas energi saja jadi kuat atau ringan tetap bisa diketahui.

Maka dari itulah, kebanyakan Pawang jaranan ada yang mengobati pemain yang Ndadi secara sekilas dan cepat dan ada juga yang lama, butuh proses yang agak ribet.

Terutama yang masuk melalui jenis Pewayangan, karena terkesan tua sudah jelas mulai dari permintaan (syarat) saat merasuk karena tanpa disengaja menerima undangan untuk datang, juga perginya terkadang hanya semaunya saja.

Jadi pas diminta untuk untuk keluar lebih memilih untuk menolak dulu, setelah negosiasi ada yang mau keluar sendiri dan ada juga yang harus dipaksakan.

Jadi kesimpulannya untuk Endang Wayang, bukan yang biasanya orang keserupan itu dirasuki yang ini, tapi ada banyak sekali makhluk halus yang menerima undangan lalu berdatangan saat acara Jaranan akan berlangsung.

Proses Endang Wayang

Yang disebut dengan Wayang adalah jenis tua, dan tidak bisa dikatakan bahwa itu dari si A sebut saja seperti Nyakilan (menganggu).

Jadi kedatangan Endang ini hanya 1 atau 2 saja, tergantung dari tingkat Pawang yang membuka undangan untuk mendatangan makhluk tersebut.

Bila yang mau ya datang dan mendapati berbagai syarat yang sudah disiapkan, bahkan ada juga yang datang hanya untuk melihat saja layaknya penonton.

Jadi bila Anda mendapati seorang pemain jaranan yang mengatakan bahwa Endang yang masuk saat dia kesurupan itu Wayang, tentu saja tidak bisa dipercaya karena secara kasat mata tidak akan diketahui wujudnya.

Jangankan orang yang kesurupannya, sedangkan Pawangnya pun tidak akan bisa menentukan bahwa itu Endang Wayang, tapi hanya bisa diketahui sebatas getaran dan energi yang disalurkan saat akan diditeksi Endang apa yang merasuki pemain tersebut.

Syarat Endang Wayang

Seperti yang sedikit diulas tadi, bahwa Endang ini termasuk yang tua jadi permintaanya sering kali bermacam-macam (werno), yang disiapkan sebatas itu saja tapi yang diminta lain lagi.

Setelah diminta melalui negosiasi barulah menerima apa yang akan diberikan, proses jadi Pawang jaranan itu tidak mudah sebatas tulisan ini saja harap dipahami!

Jadi yang namanya Endang Wayang, biasanya bila kedatangan diacara jaranan maka permintaan syarat inilah yang biasanya aneh dan tidak disiapkan, jadinya kadang dicarikan dulu terkadang hanya cukup seadanya saja.

Proses Keluar Endang Wayang

Untuk diproses keluarnya tinggal tergantung dari Endangnya, ada yang hanya beberapa jampi keluar dan ada yang ribet dan belum mau keluar karena masih ingin menjalankan apa yang disenanginnya, yang kasihan ya wadah kasar pemain jaranannya karena secara tidak langsung energi murni dari dalam intinya tetap akan terkuras keluar.

Tapi para Pawang tetaplah ada jampi simpanan yang akan digunakan, bila menemukan seorang pemain sulit untuk disembuhkan, termasuk yang merasukinya Endang tua dan berat.

Kesimpulan
Ulasan artikel tentang Endang Wayang diatas adalah Jawabab Admin blog ini, karena ada yang menanyakan lewat Kontak secara langsung.

Dengan beberapa hal tentang Endang Wayang yang bisa diuraikan secara singkat dan inti diatas, setidaknya bisalah Anda pahami walaupun sedikit dan untuk lebih jauh ada baiknya untuk bertandang kerumah Pawang jaranan dan meminta untuk mendapatkan cerita seputaran Endang yang biasanya bertadangan saat diadakannya acara jaranan.

Jangan hanya mengambil obrolan dari sesama pemain yang sering kesurupan saja, karena belum tentu itu benar adanya lalu terlanjur dipercayai sehingga akan membuat Anda penasaran dan mencari yang seperti tersebut padahal itu hanya sia-sia semata!