Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Kuda Lumping (Jaranan) Benar Kesurupan, Iya dan Tidak

Pikiran sebagian penonton kuda lumping (jaranan) yang penasaran, apa benar pemainya kesurupan atau hanya bohongan saja untuk hiburan acara.

Pemikiran yang seperti ini, biasanya bukan dari penonton yang menahami tentang jaranan, adanya hanya masih penasaran saja dan bila sudah masuk ke dalam keanggotan, nah barulah mengerti itu benar atau tidak.

jaranan yang penasaran, apa benar pemainya kesurupan

Sebagai ulasan dari Admin Blog, pemain jaranan yang kesurupan itu ada yang benar dan ada juga yang hanya Njambu (pura-pura) saja.

Karena dalam keanggotan jaranan biasanya terdapat 3 macam jaranan yang kesurupan yaitu:

  1. Asli kesurupan sepenuhnya
  2. Asli kesurupan tapi tingkat menengah
  3. Dan menghibur saja.

Untuk yang menghibur saja atau bahasa jarananya Njambu, ini diketahui siapa yang seperti itu tapi tetap dibiarkan saja karena tujuanya hanya untuk menambah keramaian penonton dan juga hiburan saja.

Pawang jaranan pada umumnya tau, mana pemain yang yang kerasukan Indang dan hanya hiburan saja, walaupun tidak dilepaskan secara langsung ke orangnya.

Termasuk bila ada anggota jaranan dari grup lain, saat ada acara ikut bantu dan Njambu aslinya Pawang sudah tau tapi tetap berterima kasih karena sudah dibantu.

Hitungan dalam sebuah grup jaranan yang sedang main itu seperti ini, ada yang memang 70% dari pemain semuanya kesurupan asli walaupun masih tahap menengah dan yang 30% hanya Njambu saja.

Ciri-ciri dan keutamanya seperti ini, awal pembukaan acara jaranan biasanya akan ada tarian pertama dan sebagian yang lainya belum datang secara ramai dalam acara.

Tarian pembukaan ini 50% yang asli Ndadi asli kesurupan, walaupun ada juga yang secara total 100% kesurupan semua, biasanya saat sudah ramai penontonya saja.

Tapi sebaliknya, saat pada tarian pembukaan ini terkadang penonton belum begitu ramai sehingga harus dibuat menjadi keramaian, simpelnya begini:

Terkadang sebagian calon penonton belum pada datang semua karena kecepatan dan sebagainya, sering kali bertanya dulu sama temanya yang nonton duluan. Wis enek sing Ndadi gurung?

Kalau balasan wa Wis rame, nah pastinya akan mulai berdatangan untuk menonton dan ramai.

Disini barulah mulai semanggat yang lainya untuk asli kesurupan, karena mungkin terlihat ada cewek cantik yang nonton, teman atau memang sudah hobi untuk kesurupan.

Jadi seperti biasanyalah, bisa kesurupan jaranan itu berbagai tipe orangnya, ada yang memang hobi dan ada juga yang merasa bangga atas dirinya bisa Ndadi.

Nah bila masih ada yang penasaran pada pemain jaranan yang kesurupan itu iya atau tidak, kesimpulanya begitu.

Ada yang asli kesurupan sepenuhnya, ada juga yang masih setengah Ndadi contohnya mampu mengingat semuanya namun tidak bisa mengendalilan anggota tubuhnya dan ada juga yang Njambu saja.

Tapi ingat tujuan acara tersebut yaitu hiburan, membuat keramaian sekaligus Kesenian kita yang harus dilestarikan.

Nah kemungkinan dengan penjelasan diatas bisa disimpulkan pada Anda, yang dibagikan disini apa adanya tanpa mengada-ada dan seperti itulah adanya.

Bukan semua pemain jaranan itu pura-pura kesurupan, tapi memang ada yang tidak tapi itu hanya sebagian kecil saja paling banyak 30% dalam 1 anggota jaranan, karena pastinya kebanyakan yang malu dilihat dengan tingkah gak karuan walaupun yang melihat beranggapan beneran tapi jelas Grogi untuk melakukanya.

Hanya sebagaian orang saja yang mampu, tapi akhirnya tetap yang asli kesurupan semua karena memang ada saatnya untuk dirasuki Indang dan bergantung pada kesiapan hati pemainya.

Sampai disini, pastinya sudah paham dan mengertilahkan tentang apakah jaranan beneran kesurupan.