Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jaranan Pakem Lama dan Baru

Saat membuka sosial media FB tadi, banyak yang menyayangkan antara perbedaan pakem lama dan baru pada jaranan, sebagian memilih untuk yang baru tapi sayangnya sebagian malah tidak paham dengan pakem dalam jaranan sehingga cukuplah untuk menyaksikan komentar saja.

Nah untuk Anda yang mungkin belum mengetahui tentang pakem dalam acara jaranan disini sedikit akan kilas ulas biar cukup bisa dimengerti!

Saat membuka sosial media FB tadi, banyak yang menyayangkan antara perbedaan pakem lama dan baru pada jaranan

Jaranan pakem lama dan baru memang ada banyak sekali perbedaanya, dimana untuk yang sekarang lebih mengutamakan hiburan untuk penonton, memang untuk yang lama sama untuk tujuan menghibur tapi tetap kembali pada keganasan pemain yang kesurupan.

Kemajuan dalam perkembangan jaranan memang sudah sepantasnya untuk terus dibudayakan, dimana pada masa dulu selalu mengandalkan pecutan yang memang langsung digunakan pemainya.

Setelah sadar yang kesurupan barulah merasakan bagian betis kakinya banyak yang lecet karena kena pecut hasil sendiri, dijaman sekarang tetap ada yang mengunakan pecut tapi hanya sebatas itu saja dan masih terbilang sudah mulai jarang pemain yang memakainya.

Selanjutnya kita bisa lihat Barongan (caplokan) dijaman dulu pemainnya memang langsung mengunakan saat kesurupan, tapi untuk jaman sekarang mengutamakan Rampakan bersama terlebih dahulu sebagai tarian barulah kesurupan.

Kalau masa dulu, ada banyak sekali pemain jaranan yang mengunakan barongan pas sadar merasakan bagian tulang kering kakinya bengkak karena kena alat jaranan yang ia gunakan.

Bukan hanya sebatas itu saja, bila pakem lama selalu mengandalkan hiburan memang berasal dari yang kesurupan, maka dari itulah kesurupan harus benar-benar merasuki pemainnya secara penuh Indang untuk mengendalikan.

Dengan tingkat tertentu kesadaran akan hilang 100% untuk pemainannya sehingga tidak akan ingat lagi apapun yang ia lakukan saat kesurupan, kalau yang hanya dikendalikan saja memang dari pakem lama sudah ada, dimana yang kesurupan mengingat, mengetahui siapa saja yang ia lihat tapi tidak bisa mengontrol dirinya saja sama seperti sekarang.

Hanya saja, dizaman sekarang pakem baru lebih banyak yang mengutamakan sebatas hiburan saja, jadi tak heran bila ada yang kesurupan masih bisa tertawa dan takut akan sesuatu yang membahayakan.

Antara pakem lama dan baru memang terasa lebih bagus dan yang lama, bukan hanya sebatas acaranya saja tapi mulai dari alat, kostum dan semuanya terbilang sudah penuh pembaharuan dan yang bagus-bagus jadi tak heran kemajuan jaman tentang jaranan lebih diutamakan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jaranan Pakem Lama dan Baru"