Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa Ngerowot, Tirakat Makan Umbi-umbian

Puasa Ngerowot - Tirakat yang mengharuskan orang yang menjalaninya untuk puasa makan umbi-umbian atau ubi, tapi jangan salah bila Anda ingin menjalani puasa ngerowot ini, karena masih ada banyak sekali hal yang harus ketahui bila ingin menjalaninya. Jadi, jangan hanya menjalaninya saja tapi tidak mengetahui dengan jelas tetang apa itu Ngerowot.

Puasa Ngerowot - Tirakat yang mengharuskan orang yang menjalaninya untuk puasa makan umbi-umbian atau ubi, tapi jangan salah bila kalian ingin menjalani <i>puasa ngerowot</i> ini, karena masih ada banyak sekali hal yang harus kalian ketahui bila ingin menjalaninya. Jadi, jangan hanya menjalaninya saja tapi tidak mengetahui dengan jelas tetang apa itu Ngerowot

Bila termasuk awam dalam hal tirakat Jawa Puasa Ngerowot, sebaiknya ketahui dengan sejelas-jelasnya, karena dalam menjalaninya bukan hanya memakan umbi-umbian seperti yang banyak diketahui orang, masih ada banyak sekali tirakat yang berbeda jenis dengan Ngerowot tapi dengan jalan memakan umbi-umbian seperti Ubi Jalar, Ubi Kayu dan Ubi keladi tapi mereka bukan puasa ngerowot, nah Anda pasti ingin tau lebih jelas bukan?

Sebelum menjalani puasa ngerowot, setidaknya harus mengetahui beberapa adab dalam menjalaninya seperti:

  • Tata Cara Menjalaninya.
  • Niat untuk tirakatnya.
  • Pantangannya.
  • Dan tujuan serta makna dalan berpuasa ngerowot.

Bila sudah mengetahui itu semua, bolehlah bila ingin menjalaninya, tapi ingat jangan ada kesalahan dan melanggar panganganya. Tapi sebaliknya, bila Anda yang belum mengetahuinya, pasti artikel ini akan bermanfaat supaya bisa menjadi acuan bila Anda ingin menjalaninya nanti.

Apa Itu Puasa Ngerowot

Seperti yang telah sedikit saya uraikan diatas, ngerowot adalah puasa yang mengaharuskan untuk memakan umbi-umbian dan meminum air yang di ambil langsung dari mata air (bisa air sumur).

Dalam menjalaninya, bukan dibebaskan memakan umbi-umbian semaunya dan kapanpun saja.

Tetapi, memakan umbi itu hanya di waktu sahur dan berbuka saja, sedangkan puasanya tetap seperti pada umumnya.

Jadi jelaskan! Sewaktu akan makan sahur yang di makan itu harus umbi-umbian Pokoknya Ubi lah entah itu Kayu, Talas atau Keladi dan minumnya harus air mentah yang di ambil langsung dari mata air seperti pancuran bahkan sumur tetapi di ambilnya langsung tidak boleh di simpan dulu dan semua itu tidak boleh di masak harus mentah.

Dari pokok diatas, pasti sudah bisa mengerti akan apa itu puasa ngerowot, nah mari kita ke tahap selanjutnya.

Niat Untuk Puasa Ngerowot

Hampir sama saja seperti puasa pada umumnya, Anda juga harus mengetahui niatnya bila ingin menjalani puasa ngerowot. Adapun niatnya sebagai berikut:

Niat ingsun Poso Ngerowot kange tujuan (sebut tujuan kalian) saking kersaning Allah, Laaillahaillah Muhammadur Rasulallah. (Syahadat 3 kali).

Niat puasa Ngerowot diatas bisa Anda pakai bila ingin dijalani sendiri, tapi bila di dampingi guru pastinya akan diberikan langsung niat untuk menjalaninya. Gunakanlah niat yang memang di khususkan, untuk tujuan apa Anda menjalaninya!

Cara Puasa Ngerowot

Untuk menjalaninya, sebaiknya siapkanlah terlebih dahulu rumah atau lokasi yang sepi. Tujuanya supaya Anda lebih fokus dalam menjalani puasa ngerowot di tempat yang sepi dan sunyi.

Siapkan juga bekal, untuk makan sahur dan berbuka puasa ngerowotnya, bila di jalani 1, 3, 4 hari usahakan bekal harus benar-benar siap dan mentaati semua peraturan dalam tujuan menjalani puasa ngerowotnya. Sebaiknya, hindari menjalani puasa ngerowot di tempat keramaian, bila Anda bekerja usahakan libur saja dulu karena semakin banyak orang yang Anda jumpai maka godaan dan ujian akan semakin besar di rasakan.

Oh iya sampai lupa, Anda juga harus mempersiapkan fisik sesehat mungkin karena tirakat ini mungkin bisa membuat Anda sakit perut karena memakan umbi-umbian dan hanya air mentah.

Pantangan Puasa Ngerowot

Bila pernah berpuasa, pasti tau apa saja yang menjadi pantangan yang akan membuat puasa batal.

Nah sama saja, dalam menjalani puasa ngerowot juga disarankan untuk menahan lapar dan haus, selain itu juga harus benar-benar pasrah dengan semua ketentuan berhasil atau tidaknya dalam menjalaninya. Sebut saja bila puasa ngerowot ingin menguasai ilmu kebatinan, dan saat itu gagal atau berhasil harus tetap di sadari akan kekurangan dan kelebihan diri sendiri.

Jadi, semua yang melanggar pantangan berpuasa pasti akan gagal dan Anda yang mematahui semua ketentuan dan menghindari pantanganya insya allah akan berhasil menjalani puasanya.

Makna Puasa Ngerowot

Pengartian dalam menjalani tirakat adalah Laku keperihatinan, jadi Anda yang menjalani puasa ngerowot harus tau betul bahwa kalian sedang prihatin dengan apa yang sedang kalian jalani.

Kalau biasanya makan yang enak-enak, saat menjalani puasa ngerowot disitu Anda harus tau betul bahwa sedang dalam laku prihatin. Sehingga menahan lapar dan haus hanya dengan memakan umbi-umbian dan meminum air yang belum di masak atau masih mentah.

Dari situ, harus benar-benar menyadari bahwa lelaku yang Anda jalani itu ada sebuah ujian yang harus di tebus dengan kesabaran.

Posting Komentar untuk "Puasa Ngerowot, Tirakat Makan Umbi-umbian"