Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses dan Penyebab Orang Bisa Kesurupan (kerasukan)

Banyak orang yang bertanya, mengapa orang bisa kesurupan (kerasukan) dan bertingkah diluar akal sehat secara manusia. Sebagai nusantara yang kental dengan beragam mistis dan kebudayaannya ta heran pasti akan ada banyak orang yang bertanya demikian.

proses orang kesurupan
< p>Pada dasarnya, kesurupan terjadi oleh banyak hal, salah satu yang paling banyak kita jumpai orang yang kesurupan adalah acara Jaranan (jatilan) atau kuda lumping. Walaupun demikian, masih ada lagi yang lainnya yang mengunakan metode kesurupan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kesurupan ini, kalian harus juga mengetahui alasannya mengapa orang bisa kesurupan, setidaknya ada 3 bagian dalam hal kesurupan ini yaitu:

  1. Kesurupan Tanpa disengaja
  2. Kesurupan Disengaja (diminta)
  3. Dan Kesurupan Atas Dasar Keperluan.

Dari ke 3 macam jenis kesurupan diatas, akan saya uraikan secara pengalaman pribadi dengan proses spiritual jadi tidak ada hubungannya dengan medis.

Jenis Kesurupan Tanpa Di Sengaja

Dalam hal seperti ini, bisa saja terjadi tanpa kesadaran dari dalam diri orang yang kesurupan tersebut, mereka bahkan tidak mengetahui bakal ada energi lain yang menguasai dirinya.

orang kesurupan ngamuk dan nanggis

Biasanya ini bisa terjadi karena adanya ketidak seimbangan, baik dari dalam diri orang yang kesurupan itu sendiri atau memang dari bangsa makhluk ghoib yang memang sengaja memasukinya. Contoh gamblangnya seperti ini:

Ada seorang anak yang tanpa sengaja melewati atau tidak mempamiti saat melakukan apa saja disekitar tempat yang didiami makhluk halus, lalu untuk memberi pringatan si makhluk halus tersebut merasuki seseorang untuk membwa kabar kepada yang lainnya dengan tujuan tertentu.

Di atas adalah sedikit contoh yang bisa saya sampaikan kepada kalian, dan itu masuk dalam kategori logika. Orang yang kerasukan tanpa ia sadari, itu pertanda bahwa makhluk halus tersebut memang terdapat keperluan, baik kepada orang yang kesurupan atau memang ada orang-orang tertentu yang akan ditemuinya.

Karena keterbatasan akses untuk berhubungan dengan manusia maka makhluk halus tersebut memilih cara merasuki ke dalam jiwa manusia supaya bisa langsung berkomunikasi kepada sesama manusia.

Kesurupan Atas Dasar Keinginan Sendiri

Dalam hal ini, adalah permainan ya karena ada banyak sekali permainan atau pertunjukan yang mengharuskan seseorang itu kesurupan dan salah satunya adalah Jaranan, bukan hanya itu masih banyak lagi permainan serta kebudayaan seni yang bisa membuat pemainnya kesurupan.

prosesi kesurupan kuda kepang

Disini adalah permintaan sendiri, niat orang itu sendiri untuk kesurupan atau minta dirinya dirasuki oleh makhluk halus.

Walaupun ada banyak orang yang bersedia dirasuki untuk kesurupan dengan cara seperti ini, tetap saja tidak semuanya bisa hanya orang-orang terpilih saja yang bisa seperti ini.

Jaranan atau pertunjukan lainnya yang mengharuskan orang kesurupan, bukan didapat dengan cara yang mudah. Mereka harus tetap belajar, mencari titik supaya dirinya bisa dirasuki oleh makhluk halus dan bertingkah layaknya orang non-normal pada umumnya.

Orang Kesurupan Atas Dasar Keperluan Khusus

Ini merupakan yang paling banyak selain pemain Jaranan, seni dan orang kesurupan tanpa di sadari dan keinginannya sendiri.

Orang-orang yang mengunakan kesurupan atas dasar keperluan ini, bisa kita sebut pada orang yang belajar silat atau kebatinan tertentu. Mereka kesurupan hanya atas dasar keperluan saja, bila orang persilatan bisa jadi mereka mengunakannya saat ada keperluan seperti pertarungan dan lainnya.

Selain itu, bisa juga ada orang yang memelihara khodam, dan bekerja sebagai ahli pengobatan alternative nah saat ia akan mengobati pasiennya terlebih dahulu harus memanggil khodamnya supaya masuk ke tebuh dan melakukan pengobatan tersebut.

Untuk yang seperti inilah bisa dikatakan orang tersebut kesurupan karena ada keperluan saja, tidak bisa dikait-kaitkan dengan pertunjukan dan sejenisnya.

Dari ke tiga uraian singkat diatas, pasti kalian sudah bisa menyadari prosesi-prosesi tersebut. Namun kalian pasti belum mengetahui penyebab dan mengapa orang tersebut terrasuki makhluk halus.

Mengapa Orang Bisa Kesurupan

Dalam hal ini sudah kita bahas diatas tadi, tapi perlu juga kalian ketahui ada beberapa penyebabnya.

Kesurupan Tidak Disengaja ini biasanya terjadi karena memang tingkat kesadaran orang tersebut lemah. Bukan hanya kesurupan, cenderung orang-orang yang seperti ini lebih mudah pingsan (semaput) saat ada sesuatu. Orang-orang yang seperti ini, sangat cepat dan mudah untuk kesurupan, tapi harus dilihat lagi tingkat ibadahnya karena walaupun tingkat kesadarannya lemah bisa juga dibentengi dengan kuatnya iman yang berada didalam dirinya sehingga makhluk halus sulit untuk bisa masuk ke dalam jiwanya.

Kesurupan di SengajaOrang-orang pada jenis ini, mereka bisa kesurupan atas dasar keinginan hatinya karena yang pasti jalur akses masuknya makhluk halus sudah bisa mereka kuasai walaupun tanpa mereka sadari. Proses masuknya pula sangatlah cepat, namun secara acak tidak bisa mereka tentukan karena kesurupan bagi mereka hanya sebatas hobi atau kesengan dari dalam dirinya.

Kesurupan Atas Dasar KeperluanUntuk yang satu ini, mereka tidak bisa sembarangan atau sesuka hatinya untuk memasuki makhluk halus tersebut ke dalam dirinya, hanya waktu tertentu dan dengan keperluanlah mereka bisa memanggil dan kesurupan.

Ciri Orang Kesurupan

Seperti yang kita ketahui, orang yang kesurupan ini ada yang setngahnya sadar dan total tidak sadarkan diri. Gejalanya bisa kita lihat bahwa mereka bertingkah diluar kesadarannya seperti:

  • Menaggis (nangis) tanpa sebab
  • Menari tanpa ia sadari
  • Ngomong tanpa tujuan
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mereka berbuat sekehendak makhluk halus yang merasuki diri mereka, tidak bisa ditahan atau juga di cegah dari dalam dirinya sendiri.

Untuk ciri kepastian orang yang kesurupan ini, biasanya mata merah tanpa berkedip, memandang ke 1 titik fokus dan yang jelas suara serta ucapannya diluar kendalinya.

Mengobati Orang Kesurupan Untuk mengobatinya, tidak bisa sembarangan harus orang-orang tertentulah yang mengobatinya, dalam beberapa masalah orang kesurupan ada saja yang bandel dan sulit untuk di sadarkan. Baik dalam pertunjukan, atau juga yang tanpa disengaja tapi untuk yang jenis kesurupan dengan keperluan khusus biasanya mereka akan lebih mudah untuk sadar sesudah keperluannya terpenuhi.

Posting Komentar untuk "Proses dan Penyebab Orang Bisa Kesurupan (kerasukan)"