Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendirikan Grup Jaranan (kuda lumping) Sampai Tegak

Memiliki sebuah perkumpulan atau Grup seni Jaranan memang sangat mengasikkan, terutama bila di kampungmu banyak yang hobi nonton Jaranan.

Rasa bangga dan percaya diri bisa saja timbul dengan sangat kuat apa bila berada di dalam kesatuan Grup Jaranan.

cara mendirikan grup jaranan

Tapi tidak mudah untuk mendirikan sebuah grup Jaranan, walaupun bergabungnya mudah karena Grup Jaranan yang kita bergabung itu sudah berdiri jadi tinggal masuk saja.

Tapi bagi yang ingin mendirikan sebuah Grup Jaranan, banyak hal yang harus dipersiapkan dan bahkan harus benar-benar siap lahir batin.

Membentuk atau Mendirikan Grup Jaranan bukan semudah yang dilihat, dimana telah suksesnya sebuah grup Jaranan dan siap tanggap (main) saat ada yang menyewa jasa Jaranan yang mereka lihat.

Beberapa hal yang harus disiapkan seorang pendiri Grup Jaranan adalah Pawangnya, bila alat kemungkinan bisa ditempa/beli karena banyak yang menjualnya.

Untuk lebih jauh lagi persiapan untuk mendirikan Grup Jaranan bisa kita ulas dibawah ini, dari yang terpenting atau intinya sampai yang tidak penting namun dibutuhkan.

Langkah Awal Mendirikan Grup Jaranan

Hal yang pertama harus dipersiapkan adalah seorang Pawang atau Boponya jaranan yang bisa mengundang Indang (endang) dan menyadarkan serta semua proses Jaranan yang berhubungan dengan hal mistis yang sangat Ghoib ini.

Kebanyakan para pendiri Jaranan adalah mereka yang sedari awalnya telah berkecimpung di dunia Seni Jaranan.

Bila ia telah bisa menjadi pawang jaranan, kemungkinan bila merantau ke suatu daerah yang belum ada Grup Jaranan maka biasanya ia akan mendirikannya dari 0 sampai berhasil atau putus ditengah jalan.

Dari sinilah biasanya Grup Jaranan yang pernah kalian lihat itu berasal, bahkan seorang pendiri grup Jaranan akan bertahan hingga puluhan tahun sebelum nama Grupnya menjadi terkenal dan banyak yang menyewanya.

Nah bila bisa mepawangi Jaranan, atau memiliki seorang calon yang benar-benar memiliki kemampuan bisa menjadi Pawang Jaranan barulah bisa menyiapkan hal-hal yang lainnya.

Hal yang selanjutnya harus Anda siapkan adalah Biaya (dana) untuk membeli berbagai macam keperluannya.

Namun sebelum membeli alat-alat yang dibutuhkan, ada baiknya meminta izin kepada Kepala Desa setempat untuk mendirikan Grup Kesenian Jaranan supaya ada yang ikut Andil bila terjadi sesuatu hal dikemudian hari.

Setelah mendapatkan izin, barulah menyiapkan hal inti awal dalam grup Jaranan yaitu:

  1. Spanduk Nama Grup Jaranan, bisa di tempah di tempat sablon.
  2. Alat Jaranan:
    • Kendang
    • Gong
    • Gamelan
    • Dan untuk alat pendukung lainnya seperti Terompet dan sebagainya namun yang inti adalah ke 3 alat diatas, selain itu ada juga yang lainnya.
    • Kuda-kudaan (jaran)
    • Barong
    • Pecutan/Cambuk (cemeti)
    • Celeng sringi
    • Topeng Ganong, kadang diperlukan kadang juga tidak.
  3. Sound System, bila grup baru ada baiknya cukup menyewa dulu untuk alat pendukung ini.
  4. Kostum atau Baju untuk para penari.
  5. Accecories pendukung lainnya, bisa tidak digunakan bila kalian baru mulai berdiri.

Setelah persiapan diatas tercukupi, selanjutnya tinggal mencari para pemain dan dukungan anggota lainnya.

Berapa Banyak Jumlah Anggota Grup Jaranan

Bila grup jaranan baru di dirikan, usahakan memiliki anggota dengan kecukupan. Bila di hitung banyak, sebuah grup jaranan tidak terbatas untuk anggota dan pemainnya tapi bila baru berdiri usahakan mencari anggota sebanyak 2 orang, untuk awalnya.

Anggota 20 orang inilah yang nantinya pas-paskan secara bergantian untuk memainkan alat jaranan.

Untuk pemain cadangan minimal di alat musiknya harus ada pemain cadangan supaya bisa bergantian. Jadi hitungannya begini:

  • 3 orang pemegang alat, kendang, gong dan gamelan. Kalian siapkan pemain cadangan 3 orang lagi masing-masing 1 alat.
  • 1 pawang Jaranan.
  • 4 orang penari pembukaan, dan 4 orang penari penutupan.
  • 1 penari barong.
  • Dan yang lainnya cukup ikut membantu di lapangan bila terjadi hal yang tidak di inginkan saat pemainan jaranan mulai kesurupan.

Bila sudah menyiapkan seperti yang telah saya sebutkan diatas tadi, berarti telah siap untuk mendirikan sebuah grup Jaranan dan bisa mempersiapkan diri untuk tampil.

Tapi sebelum bisa terkenal dan banyak yang menyewa Grup Jaranan, hal utama yang harus dilakukan adalah promosi.

Untuk promosi Jaranan kemungkinan bisa memasang tarif yang cukup dulu, jangan pasang mahal bila grup Jaranan baru berdiri.

Usahakan main di kampung sendiri dulu, tapi dengan Perform yang maksimal dengan begitu akan menarik perhatian penonton dikemudian hari untuk menanggap Grup Jaranan dikemudian waktu.

Usahakan mengunakan adab-adab yang pas dalam grup Jaranan, maksudnya para anggota dan pemain harus bersikap baik kepada penonton.

Dengan penuh kesabaran dan tetap istiqoma, cepat atau lambatnya Insya Allah grup Jaranan yang baru dirikan akan ramai dengan tanggapan, yang penting para anggota selalu kompak dan tidak mudah tersinggung dari 1 ke yang lainnya, harus berusaha sehati sama-sama memperjuangan grup Jaranan yang di naungi.

Hal-Hal Yang Membuat Grup Jaranan Kandas (bubar)
Biasanya dari dalam anggota itu sendiri, ketidak cocokan kepada sesama pemain akan menimbulkan ketersingungan dan ribut antar anggota sendiri dan disini juga awal keretakan dalam grup Jaranan.

Tapi bila Bopo Jaranan bisa meredam 1 dan yang lainnya, kemungkinan grup jaranan akan bertahan lama, dan ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya Grup Jaranan bisa bubar.

Selain itu, kurang maksimalnya Perform dan kekompakan pemain jaranan juga bisa membuat grup tersebut bubar lantaran tidak bisa membuat penonton terkesima atau kurang menariknya permainan jaranan dari Grup yang kalian dirikan.

Diluar yang saya sebutkan diatas, sangat jarang sebuah Grup Jaranan bubar, kecuali memang pendirinya yang ingin membubarkan.

Tapi terkadang, walaupun sudah bubar bila banyak peminatnya Jaranan kemungkinan akan ada saja yang mendirikan lagi.

Dari sinilah, akar atau awal pendirian sebuah grup Jaranan hingga akhirnya.

Bila kalian mengikuti langkah yang telah saya uraikan tadi Insya Allah grup kalian akan jaya dan banyak yang menyewa.

Tapi ingat jangan pernah menyombongkan tetang apa yang kalian miliki.