Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Alasannya, Kenapa Jaranan Ngejar Bila di Suit

Jaranan memang memiliki segudang magis yang unik dan aneh, salah satu keunikannya adalah Pembarong yang mengejar saat di suit oleh penonton. Bukan hanya pembarong tapi hampir semua pemainan jaranan yang Ndadi bila di suit pasti akan mengejar orang tersebut.

Perahkah Anda berfikir kenapa jaranan marah saat ada orang yang suit suitan saat acara jaranan berlangsung. Bahkan untuk barongan tak akan segan-segan untuk menghantamkan barongan ke arah orang yang menyuiti tersebut.

Ini Alasannya, Kenapa Jaranan Ngejar Bila di Suit

Pemain jaranan yang sudah kesurupan ini, tidak akan perduli siapa saja yang menyuit baik penonton ataupun anggota grup jaranan ia tetap akan marah.

Sejatinya, orang yang kesurupan tidak menyadari kenapa ia bisa berlaku demikian pada orang yang menyuitinya, karena yang dianggap olehnya adalah rasa amarah. Jaranan yang kerasukan hanya akan menanggapinya dengan rasa emosi.

Inilah Sebabnya Kenapa Penonton Jaranan Di Larang Untuk Suit Suitan Saat Banyak Pemain Yang Kesurupan!

Jadi sebagai penonton, ada baiknya selalu menjaga sportifitas supaya acara bisa berlangsung dengan semestinya dan saling menghibur.

Bila di suiti tentu jaranan akan mengejar dan brutal, sehingga akan membuat rusuh dan dikuatirkan bisa berakibat fatal baik dari segi penonton maupun pemain jaranan itu sendiri.

Selain pembarong, jaranan yang kerap kali marah dan mengejar bila di suiti adalah Celeng Srengi namun tak menutup kemungkin jaranan yang lain seperti Njaran dan pecut juga akan berlaku demikian bila di suiti.

Jaranan Yang Tidak Ngejar Saat Di Suit Mendem Boongan

Bukan!!! pemain jaranan yang tidak mengejar saat di suiti, bukan berarti dia Ndadi Njambu atau mendem boongan. Sebagian Indang ada pula yang bersahabat, dan tidak suka membesar-besarkan masalah.

Karena itulah, sebagian jaranan ada pula yang tidak suka mengejar sekalipun di suiti beramai-ramai. Pada umumnya, ini adalah Indang Cakilan dan Bujang Ganongan. Ia tidak akan mengejar bila di suiti, bahkan tidak akan mempermasalahkannya.

Jadi antara Indang yang merasuki raga pemain jaranan tidak selalu marah bila di suiti terlebih mengejar, karena Indang tidaklah sama akan kekuatannya.

Anda tidak usah salah kaprah menanggapi jaranan yang asik menari, sekalipun di suiti dia tetap terus menari. Terlebih bila memikirkan jaranan tersebut tidak Ndadi sungguhan, karena seperti yang telah saya tuliskan diatas tadi bahwa setiap jaranan yang Ndadi itu berbeda-beda karakternya.

Hampir rata-rata, jaranan yang Ndadi akan mengejar penonton yang sengaja menyuit bisa terlihat dari bringasnya saat menari. Pada umumnya adalah barongan dan celeng Srengi.

Antara ke 2 Indang yang merasuki raga pemain jaranan akan sangat mudah tersulut emosinya bila ada yang menyuiti. Sampai di sini semogga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "Ini Alasannya, Kenapa Jaranan Ngejar Bila di Suit"