Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Endang Samber Nyowo Yang Bisa Membuat Mati Pemain Jaranan

Indang (Endang) Samber Nyowo, salah satu dari sekian banyak Endang yang biasanya masuk ke tubuh pemain jaranan yang sedang Ndadi. Endang ini merupakan salah satu yang paling di takuti bila memasuki raga seorang pemain jaranan.

Bila salah dalam menangi Endang ini, pemain jaranan bisa saja langsung di bawa keluar bersama Endang alih-alih disadarkan sukma pemain langsung dibawa keluar olehnya. Disinilah pernah kejadian pemain jaranan meninggal dunia saat di sadarkan dari kesurupan jaranan.

endang samber nyowo

Endang Samber Nyowo bisa dikatakan Ratu dari sekian banyak Endang yang biasanya masuk ke raga orang yang kesurupan jaranan.

Endang ini bukan berasal dari golongan khodam untuk perewangan dan sejenisnya, melainkan roh-roh sesat yang dikumpulkan dari berbagai macam tempat keramat. Sengaja di undang oleh sang pawang untuk bisa merasuki para pemain jaranan dengan tujuan menghibur.

Apapun jenis dan sebuah perbuatan pasti akan ada pertanggung jawabannya, termasuk menjadi seorang pawang jaranan dan pemain itu sendiri, sekalipun kehilangan nyawa.

Pada umumnya, endang samber nyowo memang bisa disembuhkan oleh sang pawang saat menyadarkan pemain yang dirasukinya.

Namun bila ada sebuah kesalahan, maka bisa fatal akibatnya karena itulah banyak para pawang jaranan memilih untuk mengalah dan menuruti permintaan dari Endang jaranan supaya bisa keluar dengan mudah.

Proses Masuknya Endang Samber Nyowo Ke Wadah Pemain

Kebiasannya orang yang dirasuki oleh Endang jenis ini terbagi menjadi 2 macam. Di sengaja dan tidak sengaja, adapun alasan dari masuknya Endang samber nyowo itu sebagai berikut:

  1. Masuk Tanpa Di Sengaja
    Ini sering terjadi apa bila di suatu tempat yang akan diadakannya acara jaranan lalu ada kesalahan baik dari permintaan izin kepada Danyang dan Nyai Danyang di sekitar tempat atau ada kekurangan dalam sajen yang di sediakan.
  2. Masuknya Disengaja
    Kejadian ini biasanya ada para penonton atau pesaing jaranan itu sendiri yang mencoba menganggu dengan memasukan Endang Samber Nyowo kepada salah satu pemain. Tujuannya ya bisa iri ataupun memang di sengaja, bila sudah terkunci maka akan sulit sekali untuk menyembuhkannya.

Dari ke 2 alasan diatas, yang nomer terakhir yaitu "Di Sengaja" menjadi alasan satu-satunya Endang Samber Nyowo hadir dan merasuki raga pemain jaranan.

Dan untuk menyembuhkan (menyadarkan) pemain yang dibuat seperti ini, biasanya sang Endang akan meminta syarat atau sajen yang aneh-aneh sehingga membuat kesulitan sang pawang untuk mengobatinya.

Bila salah-salah bisa saja sukma, bahkan roh dari pemain jaranan sekaligus dibawa keluar oleh sang Endang Samber Nyowo. Nah dari sini kita sadari betul akan resiko para pemain jaranan terutama yang bisa Ndadi kesurupan.

Anda sebagai penonton, mungkin hanya melihat sebatas serunya saja, tapi tidak melihat kesukaran yang sebenarnya berada dibelakang grup jaranan.

Sampai disini, semogga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.