Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ndadi Jaranan Sesuai Keingin Sendiri

Pernahkah terfikir oleh Anda saat melihat jaranan yang Ndadi Barong, Celeng, Cakilan dan lain sebagainya? Memang dalam jaranan atau Kuda Lumping yang penuh dengan hal mistis membuat semuanya menjadi serba Ghaib termasuk para pemain atau penonton yang sedang kesurupan.

Pada orang yang kesurupan saat acara jaranan ia akan bertingkah yang mengkarakterkan Endang ghaib yang berada di tubuh si pemain itu sendiri. Endang yang masuk ini pada umumnya bisa di karakterkan pula oleh si pemain itu sendiri, namun pasti mengunakan cara yang harus digunakan.

cara ndadi sesuai keinginan sendiri

Proses masuknya Endang ke dalam pemain jaranan itu sendiri tidak serta merta terjadi dengan keinginannya. Karena memang saat Ndadi bisa mengkarakterkan apa saja yang bisa ditentukan, baik dari pawang yang memasukan Endang ataupun diri pemain itu sendiri.

Beberapa Endang Jaranan yang paling umum terlihat adalah:

  1. Barongan / Singo
  2. Macan Kumbang / Putih / Loreng / Ludro DSB
  3. Celeng
  4. Njaran
  5. Dan Cakilan.

Mungkin Anda tidak akan heran lagi jika melihat tingkah mereka, tanpa saya uraikan satu per satunya Anda pasti sudah bisa menerka Endang yang masuk ke tubuh pemain jaranan melalui karakter yang ia mainkan.

# Memilih Endang Untuk Ndadi Jaranan

Ini perlu diketahui bagi mereka yang Ndadi Jaranan melalui setruman atau rembetan dari teman atau orang yang terlebih dahulu Ndadi jaranan.

Setruman / Rembetan Adalah orang yang Ndadi Jaranan dengan cara tidak di sengaja atau disengaja dengan jalan orang yang sudah Ndadi duluan. Contohnya: "Ada orang yang mau Ndadi lalu nubruk atau menimpa temannya tanpa sengaja dan orang tersebut Ndadi juga atau, memang sengaja minta ke temannya yang sebelum Ndadi di pesanin, Bila Kamu Ndadi Nanti Cari Aku Ya (Dan Sebagainya) nah disengaja yang seperti ini!

Dengan Ndadi seperti yang saya tuliskan diatas, Anda tidak akan bisa memilih akan Mengkarakterkan apa saat Ndadi nanti supaya bisa lebih menghibur penonton yang melihat Anda Ndadi nanti.

Jika Anda ingin mengetahui kunci supaya bisa seperti sesuka yang Anda inginkan. Silahkan baca artikel ini sampai akhir nanti, insya Allah akan menambah pengalaman Anda.

SAAT AKAN NDADI HARUS SEPERTI INI

Perlu di ketahui oleh Anda, ini hanya berlaku bila Anda sudah bisa Ndadi sendiri, tidak bisa dilakukan pada orang yang sama sekali belum bisa Ndadi Jaranan.

Nah pada saat Anda ingin Ndadi andalkan daya fokus Anda ke 1 titik yang ingin Anda uji cobakan, bisa Cakilan, Barongan dan sesuai dengan apa saja karakter yang Anda inginkan.

Bayangkan sepenuhnya itu Anda yang mengkarakterkan lakon tersebut saat Ndadi nanti. Namun daya fokus Anda haruslah mantap, jangan pecah atau memikirkan karakter yang berbeda-beda karena itu akan mempengaruhi sebuah pikiran Anda saat Ndadi nanti.

APAKAH MENGKARAKTERKAN INI PERLU DI TERAPKAN???

Jawabannya bisa iya juga tidak, karena sebagai orang seni pasti Anda ingin mencoba yang baru. Selain itu, juga bisa membuat penonton memperhatikan Anda karena saat Ndadi tidak seperti itu-itu saja.

Bila Anda sebagai penonton jaranan yang aktif, sering melihat jaranan dan telah hafal pada para pemain jaranan. Pasti Anda sudah paham dan hafal dari wajah orang tersebut, contohnya seperti ini:

Wong kui biasane Ndadi Barongan, Ih serem yo atau Oh kae sing biasane Ndadi Celeng.

Nah hafal dengan karakter Ndadinya para pemain jaranan ini, pasti akan membuat Anda tidak merasa asing lagi dengan tontonan tersebut.

Tapi bila Karakter pemain jaranan ini berubah-ubah, pasti akan sulit Anda tebak dan tontonan akan semakin seru lagi.

Jadi pada dasarnya, Ndadi jaranan dengan karakter yang di bisa ditentukan oleh Anda sendiri terdapat banyak manfaatnya untuk para penonton. Karena biasanya, orang yang nonton jaranan datang dari luar daerah Anda karena itulah wajar jika Anda menyuguhkan yang lebih baik lagi.

Karena itulah, bagi para Pemain yang niatnya menghibur maka sudah sewajarnya untuk kedepannya mengunakan cara ini. Supaya lebih menarik perhatian penonton.

Kebanyakan orang baik dari anggota jaranan maupun bukan, saat akan Ndadi ia cukup dengan menerima Endang yang masuk. Sekalipun terkesan monoton dalam permainannya, sebatas ini pun akan membuatnya bangga dalam diri.

Akan tetapi bila niatnya ingin menghibur, biasanya pasti akan ada terus perubahan di dalam acara jaranan yang berlangsung.

Sampai disini, semogga artikel tentang cara Ndadi dengan pilihan sendiri bisa bermanfaat untuk kita semua, dan jangan lupa untuk menonton video banyaknya orang Ndadi dengan berbagai karakter dibawah ini.