Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ndadi Barongan Yang Harus Anda Ketahui

Dalam jaranan, barongan bila dilihat sepintas hanya sebatas tarian yang menyerupai Singa yang buat. Tapi di dalamnya, makna yang terselubung lebih dalam lagi dari pada itu, dan juga pemain barongan dalam jaranan hanya orang-orang terpilih saja.

Untuk bisa Ndadi kesurupan barongan setidaknya ada 2 jenis orang yang mampu untuk menjalankanya. Jadi tidak semua orang bisa untuk Ndadi barongan.

Cara Ndadi Barongan Yang Harus Anda Ketahui

Dari ke 2 jenis pembarong yang bisa Ndadi mengunakan barongan tersebut adalah:

  1. Endang Barong Yang Di Minta.
  2. Endang Barong Yang Masuk Sendiri.

Dari ke 2 ini yang paling banyak di dapat adalah mengunakan Endang barongan dengan cara di minta, baik melalui pawang ataupun langsung dengan niat dari dalam hatinya.

Barongan yang bisa Ndadi secara masuk sendiri, bisa dikatakan tanpa disengaja karena memang cocok akan tuah lahir pemain itu sendiri. Secara tidak langsung Endang akan memilih dengan sendirinya.

Berbeda dengan yang di minta, ia harus melewati berbagai macam cara supaya bisa untuk Ndadi barongan. Cara yang paling cepat untuk Ndadi barongan adalah dengan memintanya dari sang pawang.

Biasanya, bila Endang di minta maka sang pawang akan memilih langsung mengunakan mantra-mantra pengucap yang bisa melakukan negosiasi kepada para Endang supaya masuk ke dalam raga pemintanya.

Tapi sayangnya, terkadang ada orang yang telah meminta dengan sang pawang untuk bisa Ndadi barongan namun Endang menolak untuk masuk karena alasan tertentu.

Alasan yang paling umum adalah, tidak sesuainya tuah lahir yang akan dibawanya untuk bisa mengunakan barongan. Karena semua karakter akan tetap kembali kepada kecocokannya.

Jadi tidak sembarangan orang bisa Ndadi barongan, walaupun terlihat menyeramkan dan penuh wibawa.

Berbeda dengan orang yang bisa Ndadi barongan karena bawaannya, ini ibaratkan memang sudah jalannya dipilih menjadi barongan sejati saat Ndadi jaranan.

Biasanya, sedari pertama kali ia bisa Ndadi jaranan telah memegang barongan, dan seterusnya ia akan memegangnya. Kebiasaanya bila ia anggota jaranan maka akan ada 1 buah barongan yang dipilih khusus untuknya.

Endang barongan yang telah cocok dengan raga pemain jaranan, akan sulit untuk di tinggalkannya. Ia akan terus menyatu dan bisa dikatakan sebagai parewangan karena tetap akan terus ada dan bisa di panggil saat pemain itu membutuhkan bantuannya.

Namun untuk Anda yang memang terlanjur ingin Ndadi barongan, Anda juga bisa mencoba untuk merubah karakter diri Anda sendiri dengan cara yang sederhana, yaitu:

Saat akan main jaranan, niatkanlah dari rumah untuk Anda Ndadi Barongan. Sesampainya di tempat acara jaranan, usahakan pikiran Anda jangan sampai pecah untuk selalu fokus ke 1 titik saja yaitu Barongan.

Mengunakan cara yang saya sebutkan tadi, hasilnya masih 50% berhasil dan gagal. Bila pas maka Anda akan berhasil dan bila pikiran Anda pecah ya pasti gagal.

Tapi apapun karakter yang Anda mainkan saat Ndadi jaranan tetaplah itu yang sesuai dan cocok untuk Anda. Karena jaranan hanya sebatas hobi dan turut melestarikan budaya kita walaupun Anda tidak bisa Ndadi barongan, semogga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.