Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Indang (Endang) Jaranan

Dalam kesurupan jaranan (kuda lumping) atau ebeg yang merasuki raga manusia yang menari-nari biasanya disebut dengan Indang (Endang). Ia sendiri bukanlah khodam yang dimana banyak disebut orang banyak, melainkan roh yang berada ditempat-tempat angker.

Dalam bahasa grup jaranan (kuda kepang) Indang sendiri memiliki nama tersendiri, yang biasanya digunakan atau sebut saat akan memintanya merasuki raga. Baik penyebutan dari sang Pawang jaranan atau diminta langsung oleh orang yang akan kesurupan atau Ndadi dalam bahasa grupnya. Indang yang dipangil akan menyimbolkan nama dan kelakuannya saat menari dari itulah bisanya orang akan berkelakuan aneh bila kesurupan jaranan.

Nama Indang (Endang) Jaranan

Ada hal yang harus diketahui tentang hubungan antara Indang jaranan dan raga yang biasanya kesurupan. Keterikatan biasa terjadi karena kecocokan antara Indang dan orangnya, karena itulah sering terlihat ada seseorang yang biasanya kesurupan (Ndadi) jaranan namun dengan tarian yang sama.

Dari sini, bila mengetahui nama-nama Indang tersebut orang akan lebih mudah dalam memilih untuk masuk ke raganya. Tapi tanpa memilih yang merasuki raga orang yang kesurupan dalam jaranan akan sembarangan atau acak saja.

Untuk itu tidak ada salahnya Anda mengetahui nama Indang yang biasanya merasuki raga orang yang kesurupan pada jaranan supaya mengetahui karakter dan cirinya. Dengan begitu Anda bisa sedikit berbagi pengalaman kepada teman-teman Anda.

Beriku nama-nama Indang yang biasanya di undang saat ada acara jaranan oleh pawang. Dalam bait mantra sang pawang biasanya akan ada sedikit bunyi yang seperti ini:

Kulo nyuwon kange Danyang Nyai Danyang (nama desa) sakabehe roh kang suci mret-mret temukul ing mringi, rewang-rewangono aku kange (sebut hajat)... Dan seterusnya.

Diatas bisa di ambil kesimpulan bahwa yang datangpun secara acak pula, roh yang merasa ingin datang dan ikut main meramaikan acara tentu akan datang karena telah disediakannya berbagai macam sajen untuk sesuguhan.

Dan pada umumnya, yang sangat sering datang Indang tersebut sebagai berikut yang lengkap dengan ciri tariannya.

Indang Cakilan

Setidaknya cakil terdapat 2 jenis yaitu:

  1. Buto Cakil
  2. Dan Cakilan

Kalau Indangnya Buto Cakil biasanyya akan seram wibawanya dan menari dengan brangasan. Selain itu terkadang juga pakai pecut namun nyabetnya bisa sampai memutuskan cambuk.

Berbeda dengan cakilan, biasanya Indang yang masuk akan membuat leluconan bahkan ada juga yang hanya merai dengan gemulainya. Tarian Indang cakilan terlihat sangat indah dan lentur.

Sekilas Indanh cakilan memang unik dan mengasikan untuk di lihat namun tidak sembarangan pemain jaranan bisa dirasukan dan gemulai lihai untuk melakukan gerakan yang di aliri atau gerakan dari sebuah energi yang kasat mata ini.

Jadi perlu diketahui dengan jelas untuk bisa dirasuki dengan Indang ini dan juga cocok dengan petung Kejawen sebelum bisa selaras untuk di kuasainya.

Indang Pecut Swarbangkolo

Selanjutnya untuk jenis ini biasanya akan terlihat aktif dengan pecutan, sedari awal kesurupan hingga mengeluarkannya (menyadarkan) juga terkadang mengunakan pecut.

Selain itu, Indang Pecut Swarbangkolo tidak menyukai kuda-kudaan saat menari. Ia hanya akan memegang pecut saja hingga sampai ia keluar dari raga yang dirasukinya.

Walaupun demikian tetap saja paling bnayak pemain yang cocok dan dengan mudah untuk bisa dikuasai Indang ini, jadi inilah sebabnya kenapa banyak penari Jaranan lebih banyak yang mengunakan Pecut karena memang ada banyak kecocokan untuk bisa digunakan makhlul halus termasuk Indang ini, tapi ada banyak juga yang masih terkunci jalur aksesnya sehingga tidak bisa sama sekali di rasuki.

Indang Kemput Bawur

Indang inilah yang biasanya sering menari dengan pecut sambil mengunakan kuda-kudaan. Dari sini bisa saja mudah terlihat Indang yang merasuki raga tersebut.

Tapi untuk jenis ini biasanya sangat sulit untuk dipastikan karena tidak semua Indang Kemput Bawur menari dengan pecut dan kuda, karena ada banyak Indang lainnya juga seperti ini.

Selain itu, bila dilihat pemain Jaranan yang dirasuki Indang ini terkesan seperti orang bercandaan dan sesekali terdapat tawa tapi bukan berarti pemain tersebut Njambu tapi asli kesurupan.

Dan juga tidak terlalu sulit untuk mendapatkan Indang ini supaya bisa kesurupan saat menonton acara Jaranan, sekilas tubuh memang tidak ada yang sakit tapi capeknya nanti sangat banget kelelahan.

Indang Bagongan

Untuk yang jenis ini, biasanya akan jorok cenderung menyerupai babi. Dari sini sangat bisa dilihat untuk jenis Indang yang satu ini.

Akan tetapi, untuk jenis yang ini biasanya juga akan terlihat bengis dan kasar. Terkadang jika ia sudah marah akan benar-benar menubruk penonton.

Walaupun terkesan demikian, resiko untuk pemain yang cocokan dengan Indang ini sangat bahaya karena bisa saja memakan keladi yang gatal, saat kesurupan tidak ada yang terjadi tapi nanti setelah pulih maka mulut terasa gatal sekali.

Untuk resiko ini sangat sulit untuk dihindari karena walaupun kesadaran penuh di pikiran saat kesurupan tidak akan ada kuasa yang mempu mengendalikan angota tubuh sendiri.

Harap waspada bila kebetulan Indang ini cocok dengan weton yang dimiliki!

Indang Barongan

Ini juga yang termasuk umum merasuki raga manusia saat acara Jaranan berlangsung. Kebanyakan orang sangat menyukai Indang ini, selain terlihat gagah ia juga sangat disegani diantara kawanan yang sama-sama kesurupan.

Indang Barong adalah yang menyerupai Ular Naga ia sesaki terlihat bagaikan ular yang sedang merayap. Sekalipun umum Indang ini termasuk pemilih dan tidak semua orang yang bisa kesurupan dirasuki oleh Indang ini, ia cenderung memilih raga yang cocok dengan fisiknya.

Walaupun Indang Barongan mengunakan Caplokan tidak semua yang masuk itu jenis dari Indang ini, karena masih ada yang lainnya hampir serupa dengan jenis yang ini yaitu Singo Barong berikut ulasannya!

Indang Singo Barong

Jenis ini hampir mirip dengan Barongan, ia cenderung memegang Caplokan namun tidak akan terlihat merayap. Sekaligus yang paling umum merasuki raga orang yang kesurupan.

Antara Indang Singo Barong dan Barongan terlihat hampir sama, tingkat merasuknya ke dalam diri manusia cenderung lebih dalam untuk Barongan karena sifatnya akan berusaha merasuki sepuhnya raga yang kesurupan. Berbeda dengan Singo Barong, ia tetaplah biasa kecuali memang ada yang berusaha menganggu acara tersebut.

Indang Paling Seram Samber Nyowo

Untuk yang jenis ini umum, tapi sering di tolak oleh para pawang untuk mengikuti acara jaranan yang sedang berlangsung. Namun biasanya tetap nekat merasuki.

Ciri dari Indang yang satu ini adalah saat di sadarkan sangat sulit, karena tujuannya memang mengambil langsung raga dari yang di rasukinya dan berusaha untuk tetap berada di dalamnya.

Hal seperti ini memang sering terjadi pada saat acara jaranan berlangsung, tapi insya allah dengan ilmu sang pawang jaranan bisa menghadapi Indang Samber Nyowo ini walaupun terkadang sulit.

Diatas adalah nama-nama Indang yang umumnya sering datang saat acara jaranan berlangsung. Sebenarnya masih banyak nama Indang yang datang secara umum saat di undang tapi dengan banyak kesamaan dari cirinya membuat sulit untuk disebutkan satu persatu nama Indang yang merasuki raga penari Jaranan.

Perlu Anda ketahui, bahwa nama Indang diatas bisa merasuki raga secara umumnya orang yang biasanya kesurupan Jaranan dengan cara dibantu oleh yang lebih dulu kerasukan.

Ada beberapa pemain jaranan yang memang memiliki Indang tersendiri, biasanya meminta dengan cara dan ritual tertentu seperti puasa dan sejenisnya. Bila Indang yang seperti ini, akan mudah untuk di obati. Selain itu ia juga terkesan menjadi parewangan bagi si pemiliknya bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Sampai disini, semogga ulasan kita tentang nama-nama Indang jaranan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.