Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Ndadi (Kesurupan) Jaranan Dengan Cepat

Mendem Ebeg atau Ndadi dalam Jaranan adaalah orang yang kesurupan. Untuk bisa Ndadi Mabuk jaranan (Jatilan) bisa pakai mantera kesurupan juga ada yang tidak, karena dalam hal mabuk jaranan setidaknya 4 hal yang sangat sering di gunakan.

Supaya bisa kesurupan (ndadi) jaranan susah-susah gampang sekalipun ada mantranya, karena memang tidak semua orang bisa melakukannya. Karena itulah banyak hal yang harus diketahui sebelum Anda mencoba untuk kesurupan Jaranan ini.

4 Cara Ndadi (Kesurupan) Jaranan Dengan Cepat

Selain tidak mudah untuk kesurupan jaranan, setidaknya juga ada resiko yang akan terjadi pada diri Anda jika sudah bisa Ndadi dalam pertunjukan jaranan ini.

Nah bagi Anda yang ingin mencoba untuk mabuk atau ndadi dalam acara jaranan. Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu seluk beluknya.

Seperti yang telah saya sampai diawal tadi, untuk bisa kesurupan dalam jaranan ada 4 cara yang biasanya digunakan dan diantaranya:

  1. Kesurupan dengan kosentrasi
  2. Kesurupan dengan tarian pembuka jaranan
  3. Kesurupan dengan mantra
  4. Kesurupan dengan bantuan pawang atau orang yang telah duluan mabuk jaranan.

Diatas adalah cara yang umumnya digunakan orang kesurupan jaranan, akan tetapi bila bukan anggota jaranan jarang yang ndadi melalui tarian pembuka dan seterusnya, hanya bisa disambar secara biasa.

Untuk lebih jelasnya mabuk atau kesurupan (ndadi) ebeg jaranan yang perlu Anda ketahui dan gunakan bila ingin mencobanya.

1. Kesurupan Ebeg Jaranan Mengunakan Kosentrasi

Untuk yang pertama ini, biasanya digunakan bagi mereka yang telah bisa kesurupan jaranan atau sambungan dari mengunakan mantra mabuk jaranan.

Untuk bisa Ndadi mengunakan kosentrasi ini, tanpa perlu mantra dan puasa Anda hanya cukup melakukan kosentrasi penuh sehingga bisa membuka jalur akses roh gentayangan supaya masuk ke diri Anda. Untuk jenis ini hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukan kosentrasi penuh.

Cara untuk melakukan ini sebagai berikut:

  • Cari lokasi yang strategis, usahakan dekat gendang, kenong atau gong kalau bisa hindari di pinggi atau depan lapangan jaranan karena banyaknya penonton bisa menganggu kosentrasi Anda.
  • Selanjutnya, bila Anda telah menemukan tempat maka duduklah sendirian dengan tenang.
  • Cobalah atur pernafasan dengan cara menariknya dari hidung secara dalam dan tahan sejenak diperut kemudian hembuskan lewat mulut. Lakukan hingga 5-7 kali.
  • Jangan lupa niat untuk kesurupan jaranan.
  • Tentukan titik suara, Anda bisa berfokus ke gendang, kenong atau gong. Jangan memilih yang lainnya, karena biasanya yang di isi indang adalah ke 3 alat tersebut.
  • Kosentrasikan pandangan ke 1 titik didepan tapi jangan di hiraukan, jangan masukan ke pikiran Anda.
  • Hilangkan apa yang ada dalam pikiran Anda, dan hati harus dikosongkan juga. Bila sulit, bisa memadukannya dengan irama detak jantung yang Anda ingat hanya tarikan nafas saja.
  • Bila tubuh Anda mulai terasa enteng dan terdapat gerakan tanpa disadari sesekali maka ikuti saja.
  • Saat tubuh Anda mulai ingin menjatuhkan diri ikuti saja namun jangan tertawa, jatuhkan diri Anda dengan mengikutinya sampai Anda ambruk.

Diatas ini cara untuk yang simpel tapi sulit untuk dilakukan karena memang ndadi jaranan hanya mengandalkan kosentrasi itu sulit, sekarang kita ke langkah selanjutnya untuk bisa Ndadi.

2. Kesurupan Jaranan Dengan Tarian Pembuka

Untuk yang cara ini, Anda diharuskan masuk ke dalam anggota jaranan. Tapi tetap saja tidaklah mudah.

Untuk bisa Ndadi kesurupan dengan tarian ini, juga tanpa mantra dan juga kosentrasi hanya mengandalkan daya fokus saja. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Ikuti perkumpulan (grup) jaranan, dan belajarlah menari.
  • Saat akan menari niatkan ingin mabuk (ndadi) jaranan.
  • Ketika menari, usahakan tanpa daya maksudnya seperti ini: anda menari tapi hanya mengikuti gerakan tanpa dibantu tenaga lemes gerakannya.
  • Ketika suara alat jaranan semakin asik Anda dengarkan ikuti terus tariannya.
  • Bila ingin jatuh, maka jatuhkan sekalian diri Anda, biasanya indang langsung merasuki diri Anda dan kesurupan.

Diatas yang paling banyak digunakan saat akan ndadi jaranan dengan cara menari.

Tapi tidak semuanya seperti itu, kebanyakan yang ndadi sudah terbiasa kesurupan maka tanpa di inginkan terkadang indang akan berusaha masuk dengan sendirinya. Pada beberapa orang yang tidak ingin ndadi biasanya akan menolak mengikuti langkah dari indang dan tidak jadi kesurupan tapi ada juga yang mau mengikutinya karena memang menginginkan.

Pada dasarnya, menari pembukaan jaranan ini cara yang cukup efektif bila ingin kesurupan jaranan karena memang dari segi fisik sudah mulai terasa kelelahan dan daya fokus semakin kuat.

Selanjutnya untuk yang lebih aktif lagi dengan mantra. Tapi tidak sembarangan orang yang memilikinya.

3. Kesurupan ebeg Mengunakan Mantra Ndadi Jaranan

Mantra adalah sebuah ucapan bagaikan doa, untuk mengetahuinya tentu Anda harus memintanya langsung kepada pawang kuda kepang yang memilikinya.

Selain itu, untuk bisa mengunakan mantra kesurupan jaranan biasanya harus ditebus dengan lelaku puasa dan sejenisnya. Tapi ada juga yang tidak hanya cukup dirapalkan saja.

Tidak banyak informasi yang bisa saya uraikan tentang mabuk mengunakan mantranya ini, karena memang mantra harus dirahasiakan.

Untuk selanjutnya, langsung saja kita bahas ke pokok nomer 4 yaitu Ndadi jaranan dengan cara meminta.

Meminta dimasukannya indang ke dalam diri ini terbagi menjadi 2:

  1. Minta sama yang sudah Ndadi
  2. Dan minta sama pawang jaranan.

Fungsi ke 2nya sama hanya berbeda jalannya saja, tapi ada tata cara memintanya yang harus Anda ketahui.

Meminta kepada yang sudah Ndadi tidak boleh sembarangan, caranya adalah dengan memesan saat orang tersebut masih sadar, contohnya:

Mas nanti kalau sudah Ndadi saya dicari ya supaya bisa ikut Ndadi juga. Tau bisa dengan nada sopan Anda yang penting orang yang Anda pesan menanamkan niat di hatinya untuk mengajak Anda.

Dengan tertanamnya niat orang yang duluan ndadi, indang yang masuk ke tubuhnya akan mencari Anda. Akan tetapi cara ini pun terbilang simpel tapi lemah, karena ada juga beberapa orang yang sudah di salami namu tetap gagal.

Meminta langsung dengan pawang dan inilah yang terakhir, bila Anda ingin kesurupan jaranan tapi tetap saja tidak berhasil cobalah memintanya langsung kepawangnya. Ucapannya sama, utarakan niat Anda dengan serius dan nada yang sopan bila di izinkan seketika itu juga Anda bisa langsung kesurupan.

Nah diatas kita sudah jauh membahas tentang Ndadi jaranan, tapi taukah Anda terdapat resiko yang harus Anda ketahui bila bisa Ndadi kesurupan.

Resiko Bila Kesurupan Ndadi Ebeg Jaranan

Tingkat resiko dalam Ndadi jaranan bermacam-macam, dari yang berat hingga ringan.

Berikut akan saya uraikan beberapa resiko yang perlu Anda ketahui, jangan hanya berfikiran dan penasaran rasanya Ndadi jaranan.

Pertama : bila Anda bisa kesurupan jaranan ini nyandu, saat Anda mendengarkan suara alat jaranan maka seketika itu juga akan timbul niat untuk Ndadi, sudah tentu akan merepotkan orang lain terlebih bila Anda sudah berumah tangga.

Keluar uang adalah hal yang pasti, terlebih bila jaraknya jauh dan untuk yang baru bisa Ndadi akan sangat bersemangat untuk kesurupan tanpa memikirkan apapun.

Kedua : bila tempatnya rawan, maka mungkin tidak mungkin Anda akan digebuki/pukuli oleh penonton yang jahil menganggu, secara Anda tidak sadar bila sudah bonyok dimuka.

Ketiga : mungkin Anda tidak tau! Bahwa orang yang kesurupan jaranan saat sadarnya tubuh mulai merasa tidak enak. Dan pada malam harinya, saat akan tidur tubuh terasa seperti habis kerja berat yang sangat berat. Ini akibat terkurasnya energi yang di gunakan oleh indang dan pergi membawa sebagai energi murni yang terdapat pada diri Anda.

Resiko diatas, hanyalah sedikit gambaran yang perlu Anda ketahui bila ingin Ndadi jaranan.

Sebenarnya masih banyak resiko-resiko lainya seperti kaki luka kena beling, pecut dan lainnya. Tapi Anda tidak akan kapok karena bersemangatnya Ndadi jaranan itu.

Sampai disini pembahasan kita untuk cara mabuk (ndadi) jaranan yang saya ambil dari pengamalan pribadi. Semogga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.